Saat menggunakan converter HDMI ke VGA di STB Android, terkadang di layar hanya memunculkan pesan D-Sub Out Of Range 67.4 khz/60hz. Hal ini terutama terjadi di monitor tipe lama. Bagaimanakah cara mengatasi VGA Out Of Range di STB?


Caranya mudah saja, silakan ubah pengaturan resolusi STB ke 720P 60 HZ. Namun bagaimana mengubahnya jika layar hanya gelap saja? Gunakan monitor lain dahulu yang bisa menampilkan gambar STB dengan baik. Terutama monitor yang mempunyai port VGA. Setelah diseting ke 720P 60 HZ kemudian pindahkan ke monitor yang akan digunakan. Seharusnya pesan D-Sub Out Of Range 67.4 khz/60hz akan hilang dan gambar bisa ditampilkan dengan baik.

Saya memakai STB HG-680P di monitor LG versi lama. Monitor ini hanya mendukung vga/D-sub saja sehingga harus memakai converter. Pada awalnya memang hanya muncul pesan D-Sub Out Of Range 67.4 khz/60hz. Namun setelah saya setting STB ke 720P di monitor lain yang support vga dan hdmi maka gambar bisa muncul dengan lancar. Saat setting di monitor lain, converter HDMI ke VGA juga dipergunakan.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini