Connect with us

Info

Tips Agar Blender Awet

Published

on

Blender menjadi peralatan dapur andalan untuk menghaluskan bumbu, membuat jus, dan beragam kreasi kuliner lainnya. Namun, tanpa perawatan yang tepat, blender kesayangan bisa cepat rusak dan tak lagi bisa diandalkan. Tenang, tak perlu langsung membeli baru! Ikuti tips agar blender awet bertahun-tahun.

Tips Agar Blender Awet

1. Gunakan Sesuai Kapasitas

Setiap blender memiliki kapasitas tertentu. Hindari memasukkan bahan makanan melebihi batas, apalagi yang keras atau berserat dalam jumlah besar. Sebaiknya jangan mengisi lebih dari tiga perempat kapasitas blender. Memaksakan blender bekerja terlalu berat dapat merusak motor dan mata pisaunya. Potong kecil-kecil dulu sebelum dimasukkan ke blender. Ini memudahkan proses dan mengurangi risiko kerusakan pisau serta mesin.

2. Bersihkan dengan Benar

Advertisement
  • Cuci segera setelah digunakan: Jangan biarkan sisa makanan mengeras di dalam wadah atau mata pisau. Segera cuci blender setelah dipakai, terutama untuk bahan makanan yang mudah bau dan meninggalkan noda.
  • Pisahkan wadah dan mesin: Lepaskan wadah dan komponen yang bisa dilepas sebelum dicuci. Bersihkan bagian mesin dengan kain lembap saja, hindari merendamnya dalam air.
  • Gunakan sabun lembut: Gunakan sabun cuci piring cair yang lembut untuk membersihkan wadah dan mata pisau. Hindari deterjen kuat yang bisa merusak lapisan plastik atau karet.
  • Keringkan menyeluruh: Pastikan semua bagian blender kering sempurna sebelum disimpan. Gunakan kain bersih atau lap microfiber untuk menyerap sisa air.

3. Gunakan Kecepatan Secara Bertahap

  • Mulai dari rendah: Saat menghaluskan bahan makanan, jangan langsung menggunakan kecepatan tinggi. Mulailah dari kecepatan rendah, lalu tingkatkan secara bertahap sesuai tekstur yang diinginkan. Ini meminimalisir keausan motor dan mata pisau.
  • Beri jeda sebentar: Jika Anda perlu menghaluskan dalam waktu lama, beri blender jeda sebentar di tengah proses. Ini mencegah mesin terlalu panas dan bekerja terlalu berat.

4. Simpan di Tempat yang Tepat

  • Hindari sinar matahari: Jangan menyimpan blender di tempat terkena sinar matahari langsung. Panas matahari bisa merusak material plastik dan komponen elektronik blender.
  • Jauhkan dari kelembapan: Simpan blender di tempat kering dan tidak lembap. Kelembapan bisa memicu karat dan pertumbuhan jamur, terutama pada bagian mata pisau.
  • Letakkan dengan hati-hati: Hindari menjatuhkan atau membentur blender karena bisa merusak komponen internalnya. Letakkan di tempat yang stabil dan aman.
  • Simpan blender di tempat yang  jauh dari jangkauan anak-anak. Ini akan membantu mencegah kerusakan dan kecelakaan.

5. Periksa dan Rawat Secara Berkala

  • Ganti mata pisau dan karet seal: Seiring waktu, mata pisau blender bisa tumpul. Selain itu bagian karet seal di bawah mata pisau bisa aus dan bocor seiring waktu. Gantilah secara berkala agar blender tetap kedap dan berfungsi optimal.
  • Baca buku petunjuk: Setiap blender memiliki instruksi perawatan khusus. Pastikan Anda membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan dan perawatan yang ada di buku manual blender Anda.

Dengan mengikuti tips mudah ini, blender Anda akan awet bertahun-tahun dan selalu siap membantu Anda berkreasi di dapur. Selamat mencoba!

Info

Ide Usaha Yang Laris Saat Ramadhan

Published

on

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa.  Selain peningkatan keimanan, Ramadhan juga membawa berkah bagi para pelaku usaha.  Kebiasaan dan tradisi masyarakat selama Ramadhan membuka peluang usaha yang sangat menjanjikan.  Nah, kalau kamu tertarik meraup berkah di bulan suci ini, simak berbagai ide usaha yang laku saat Ramadhan berikut: (lebih…)

Continue Reading

Info

Menjelajahi Dunia Kurma: Beragam Jenis dan Kelezatannya

Published

on

Kurma, buah manis nan kaya manfaat, merupakan makanan istimewa yang tak hanya dinikmati saat bulan Ramadhan, tetapi juga digemari sepanjang tahun. Buah ini hadir dalam berbagai jenis, masing-masing dengan ciri khas rasa, tekstur, dan manfaatnya. Mari kita jelajahi beberapa jenis kurma populer. (lebih…)

Continue Reading

Info

Perbedaan Telur Bebek dan Telur Ayam

Published

on

Telur bebek dan telur ayam merupakan bahan makanan populer yang kaya protein dan nutrisi. Meski sekilas tampak serupa, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam ukuran, rasa, tekstur, kandungan gizi, dan manfaat kesehatan. Berikut ini perbedaan antara telur bebek dan telur ayam. (lebih…)

Continue Reading