Connect with us

Internet

Membuat Sertifikat Massal Dengan Cepat di Canva

Published

on

Saat mengadakan suatu acara seperti lomba, seminar dan sebagainya, biasanya pada akhir kegiatan akan diberikan sertifikat bagi peserta ataupun pemenang. Proses pembuatan sertifikat seringkali menjadi tugas yang memakan waktu dan rumit terutama jika jumlah peserta atau pemenang ada banyak. Namun, dengan perkembangan teknologi, kini untuk membuat sertifikat massal dalam waktu singkat bukan hal yang sulit lagi. Salah satunya adalah menggunakan Canva. Pada dasarnya dengan tips ini Anda cukup membuat sebuah desain saja dan data memakai data dari Excel. Artikel ini akan membahas langkah-langkah praktis untuk membuat sertifikat massal dengan cepat di Canva.

Langkah pertama adalah menciptakan desain sertifikat. Anda dapat memilih dari berbagai template yang tersedia di Canva atau membuat desain sendiri. Setelah menyelesaikan desain, klik menu “Aplikasi” yang terletak di bagian kiri Canva, dan pilih “Buat Banyak”.

Membuat Sertifikat Massal Dengan Cepat di Canva

Langkah selanjutnya adalah memasukkan data peserta. Anda dapat memasukkan data dengan cara manual atau menggunakan file CSV. Kali ini saya memasukkan data secara manual dengan copy paste data dari Excel. Pilih opsi “Masukkan data secara manual” untuk memulai proses tersebut.

Silakan copy paste data dari Excel ke tabel yang tersedia. Caranya salin semua data di Excel, kemudian klik kanan cell di tabel Canva bagian “Nama”, pilih “Tempel”. Pastikan formatnya sama yaitu bagian atas kolom adalah judul datanya, misalnya disini adalah “Nama” dan  “Juara”. Setelah itu klik “Selesai”.

Advertisement

Selanjutnya, hubungkan data ke elemen teks yang terdapat dalam desain sertifikat. Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada salah satu elemen yang akan digantikan dengan data peserta, lalu pilih opsi “Hubungkan Data”.

Pilih judul kolom data yang tadi sudah dimasukkan . Misalnya memilih data “Nama”. Kemudian di bagian elemen teks juara dihubungkan ke “Juara”.  Setelah itu klik “Lanjutkan”.

Bagian yang nanti akan berubah adalah yang memakai kurung, misalnya bagian {Nama} akan digantikan data nama peserta, {Juara} digantikan data juara. Langkah berikutnya adalah membuat halaman berdasar data yang dimasukkan. Jumlahnya berdasar data yang dimasukkan. Dalam contoh membuat 5 sertifikat sehingga tulisannya “Buat 5 desain”. Silakan klik tombol tersebut.

Maka Canva akan membuat desain baru yang berisi sertifikat sejumlah data yang dimasukkan. Desain tersebut dapat diunduh untuk dicetak atau diberikan secara digital.

Advertisement

Desain sertifikat yang lama tetap ada dan bisa dipergunakan kembali untuk membuat sertifikat secara massal.

Dengan Canva, proses pembuatan sertifikat massal menjadi lebih efisien dan mudah dilakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat sertifikat menarik untuk banyak orang dengan waktu singkat. Semoga Bermanfaat.

 

Advertisement

Internet

Cara Agar File PNG Canva Tidak Pecah Saat Dicetak

Published

on

Dalam era digital saat ini, Canva telah menjadi salah satu alat desain grafis yang populer bagi banyak orang, baik itu untuk keperluan pribadi maupun profesional. Namun, seringkali ada masalah yang muncul saat mencetak gambar yang telah Anda buat menggunakan Canva, terutama jika gambar tersebut dalam format PNG. Pecahnya kualitas gambar saat dicetak menjadi masalah yang cukup umum. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari agar gambar PNG dari Canva tidak pecah saat dicetak. (lebih…)

Continue Reading

Internet

Cara Membuat Kolase di Canva Tanpa Template

Published

on

Canva merupakan platform desain online yang populer dengan berbagai fitur menarik, termasuk membuat kolase foto. Namun, terkadang Anda ingin membuat kolase foto yang unik dan berbeda dari template yang tersedia di Canva. Berikut adalah panduan langkah demi langkah cara membuat kolase di Canva tanpa template alias dibuat manual. (lebih…)

Continue Reading

Internet

Arti Lagu Who I Am Alan Walker dan Putri Ariani

Published

on

Lagu “Who I Am” yang dibawakan oleh Alan Walker, DJ dan produser musik kenamaan asal Norwegia, bersama Peder Elias dan penyanyi Indonesia Putri Ariani , bukanlah sekadar lagu pop biasa. dirilis pada 20 Januari 2024, lagu ini membawa pesan tentang penemuan jati diri, pemberontakan halus terhadap tekanan untuk mengikuti jejak orang lain, dan pentingnya belajar dari kesalahan sendiri. Kolaborasi antara Alan Walker dengan sound elektronik khasnya, Putri Ariani dengan vokal penuh penjiwaan, dan Peder Elias yang menambahkan sentuhan pop, menghasilkan sebuah lagu yang unik dan menyentuh. (lebih…)

Continue Reading