Benda elektronik tidak akan bisa bertahan selamanya, akan ada waktu dimana harus diganti baru alias rusak. Demikian juga dengan powerbank. Saya mempunyai sebuah powerbank yang sudah cukup lama, dibeli sekitar 3-4 tahun yang lalu. Namun belakangan ini performanya sudah tidak memuaskan lagi. Tampaknya si powerbank sudah ingin beristirahat. Berikut ini sedikit ciri powerbank akan rusak. Rusak dalam artian pemakaian normal, bukan karena jatuh, diguyur air kolak, kecemplung dalam sop ayam dan sebagainya.

Salah satu ciri paling utama powerbank akan rusak adalah dayanya cepat habis alias ngedrop. Misalnya biasanya bisa ngecharge ponsel hingga 3 kali namun kini hanya bisa mengisi ponsel 1 kali saja dan langsung habis. Meski kemudian dicharge sampai penuh namun tetap tidak bisa untuk mengisi ponsel lebih dari 1 kali.


Ciri lainnya adalah proses charge powerbank menjadi lebih singkat. Misal biasanya penuh setelah 2 jam namun kini 1 jam sudah penuh. Baru ditancap ke charger namun sudah langsung full.

Jika tanda-tanda tadi sudah mulai muncul maka tampaknya harus siap-siap membeli powerbank baru 😅

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini