Connect with us

Gadget

Tips Agar CD dan DVD Awet

Published

on

Jaman sekarang penggunaan CD ataupun DVD sudah langka. Kebanyakan memakai flash drive, hardisk portable ataupun cloud. Namun bagaimana cara merawat CD atau DVD jika masih mempunyai koleksinya baik berisi data ataupun video.

Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk memperpanjang umur simpan CD dan DVD serta memastikan data yang terkandung di dalamnya tetap dapat diakses selama mungkin. Beberapa tips untuk meningkatkan masa pakai CD dan DVD meliputi:

  • Jangan tumpuk CD atau DVD dengan benda berat lain. Terkadang CD atau DVD ditempatkan dalam buku dan ditumpuk benda berat lain. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan.
  • Simpan CD dan DVD dalam wadahnya/case DVD. Jika hanya memakai wadah kertas maka kemungkinan rusak semakin besar.
  • Simpan CD dan DVD di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari langsung serta sumber panas dan kelembaban lainnya. Paparan suhu tinggi dan kelembaban dapat menyebabkan CD dan DVD melengkung atau rusak, sehingga mempersingkat masa pakainya.
  • Perlakukan CD dan DVD dengan hati-hati untuk menghindari goresan dan kerusakan fisik lainnya. Hindari menyentuh permukaan cakram, dan gunakan kain lembut untuk membersihkan kotoran atau sidik jari pada cakram.
  • Hindari meninggalkan CD dan DVD di dalam mobil atau lingkungan panas dan lembab lainnya. Panas dan kelembaban dalam mobil juga dapat menyebabkan CD dan DVD melengkung atau rusak.
  • Gunakan pemutar CD dan DVD berkualitas tinggi sehingga meminimalkan goresan atau kerusakan fisik lainnya.
  • Cadangkan data pada CD dan DVD. Hal ini akan memastikan Anda memiliki salinan data jika cakram rusak atau hilang. Mengingat semua hal tersebut, Anda juga perlu mempertimbangkan penggunaan metode penyimpanan alternatif untuk data penting.

CD dan DVD mungkin bukan metode penyimpanan data yang paling handal dalam jangka panjang. Pertimbangkan penggunaan metode penyimpanan lain, seperti hard drive atau layanan berbasis awan, untuk data berharga yang ingin Anda lindungi. Jika ada data masih dalam bentuk CD atau DVD maka sebaiknya diduplikat di flashdisk atau hardisk. Menggunakan beberapa bentuk media selalu lebih baik daripada menaruh semua telur di satu keranjang.

Gadget

Cara Memilih Laptop dengan Bijak Sesuai Kebutuhan Anda

Published

on

Dalam menghadapi berbagai pilihan laptop di pasaran, membuat keputusan yang bijak sesuai dengan kebutuhan pribadi adalah langkah penting. Berikut adalah panduan untuk membantu Anda memilih laptop yang tepat. (lebih…)

Continue Reading

Gadget

Cara Rekam Audio di Mixer Ashley

Published

on

Salah satu mixer audio yang harganya cukup terjangkau adalah Ashley. Salah satu fitur yang dimiliki mixer tersebut adalah kemampuan untuk merekam audio langsung ke flashdisk. Sehingga tidak diperlukan lagi laptop atau recorder untuk merekam. Berikut ini cara rekam audio di Mixer Ashley. (lebih…)

Continue Reading

Gadget

Mengatasi Masalah Laptop Yang Tidak Mau Dicharge dan Solusinya

Published

on

Laptop adalah alat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk bekerja, belajar, atau hiburan. Namun terkadang pengguna mengalami masalah ketika laptop tidak mau dicharge. Hal ini bisa menjadi sumber frustrasi dan dapat mengganggu produktivitas pengguna. Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum mengapa laptop tidak mau dicharge dan memberikan solusi yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Berikut ini cara mengatasi masalah laptop yang tidak mau dicharge dan solusinya.

(lebih…)

Continue Reading