Menyuarakan Buku di Google Play Book


Saat ini untuk membaca novel maupun komik tidak harus menjelajah ke toko buku karena sudah tersedia lewat ponsel tepatnya di Google Play Book. Bahkan sering ada diskonan sehingga lebih murah dibandingkan membeli versi cetaknya. Namun bisakah ponsel membacakan sebuah buku secara otomatis sehingga pengguna tinggal mendengarkan saja? Tentu saja bisa meskipun buku tersebut bukan audio book. Berikut ini cara menyuarakan buku di Google Play Book.

Buku yang tersedia di Google Play Book bisa berupa halaman asli maupun teks mengalir. Halaman asli berbentuk gambar asli dari halaman buku tersebut sehingga teksnya tidak dapat dirubah. Jika berupa teks mengalir maka font bisa dirubah, diperbesar dan sebagainya. Buku yang bisa disuarakan adalah buku yang mempunyai versi teks mengalir. Apabila berbentuk gambar maka tidak bisa disuarakan.

Untuk menyuarakan sebuah buku silakan buka sebuah buku di Play Book kemudian tekan icon titik tiga di kanan atas, pilih “Baca dengan keras”. Sebuah paragraf akan diblok warna kuning dan muncul suara mbak-mbak seperti di Google Maps, Google Translate dan sejenisnya. Jika buku tidak bisa dibaca dengan keras maka tulisan yang muncul adalah “Baca dengan keras tak tersedia”. Untuk menghentikan suara silakan masuk lagi ke menu tersebut dan tekan “Hentikan membaca dengan keras”.


Cara Menyuarakan Buku di Google Play Book

Namun tidak semua buku berbahasa Indonesia dibacakan oleh mbak-mbak tersebut. Terkadang malah dibacakan oleh mbak-mbak luar negeri sehingga bahasanya menjadi aneh. Hal ini tidak bisa dirubah dari settingan aplikasi maupun ponsel. Kemungkinan settingannya berada di pengupload buku tersebut. Meski disuarakan dengan logat Indonesia namun terasa aneh di telinga karena suaranya kaku. Lebih enak memang dibaca sendiri karena bisa mengimajinasikan cerita dengan lebih dalam.

Memang tidak semua orang suka membaca buku di ponsel, karena kadang malah bikin pusing karena menatap layar ponsel secara terus menerus. Agar membaca lebih nyaman maka bisa dengan mengubah tampilan buku dengan background hitam dan tulisan putih. Font juga bisa dirubah menjadi lebih besar agar mata tidak lelah. Namun jika buku tersebut hanya berupa halaman asli maka tidak bisa merubah fontnnya, hanya bisa dizoom lebih dekat dan dirubah backgroundnya menjadi gelap.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*