Mencoba Virtual Video Mixer vMix


Beberapa tahun lalu saya pernah menulis mengenai software virtual video mixer, kini ada lagi sebuah software yang bisa dipergunakan untuk live event Anda. Namanya adalah vMix. Software ini mempunyai banyak versi dan salah satunya versi gratis.

vmix basic gratis

Fitur vMix antara lain:


  • Input ada banyak, bisa kamera, file video, audio, presentasi, dvd dsb.
  • Ada 10 efek transisi.
  • Bisa berbarengan merekam ke disk, streaming dan output ke layar.
  • Bisa untuk Chroma (GreenScreen).
  • Dapat menambahkan title maupun virtual set.
  • Audio Mixer.
  • Multi View dsb.

Pengguna bisa mendapatkan 60 hari free trial, setelah itu akan menjadi vMix Basic dimana hanya dibatasi 2 input kamera dan 2 input lainnya.Untuk mendownload silakan menuju vmix.com.au.

Berikut ini saya mencoba vMix versi basic.

Software ini tidak terlalu berat saat dites memakai PC i5 dengan ram 4GB. Namun belum dites untuk jangka waktu lama. Jika ingin input dan fitur yang lebih banyak maka bisa membeli versi berbayarnya, harganya antara 59-700 dolar australia. Meski hanya terbatas 4 input saja namun VMix Basic lumayan bagus untuk membuat live event. Terutama bagi video shooting rumahan yang membutuhkan software live yang simpel dan gratis.

Semoga Bermanfaat.


157 Comments

  1. Untuk kualitas videonya maksimal sampai berapa pada waktu trial mas? dan sampai berapa kalo sudah mendajadi basic (masa trial habis)?

    • kalau trial 2 bulan seperti full, jadi bisa HD sampai 4K. Kalau basic hanya bisa SD saja – 576p (720×576) seperti resolusi DVD dan blm HD.

  2. ada link download softwarenya gak mas, tlng mas…

  3. Maaf mas untuk input ke komputer menggunakan Capture Card apa mas yang bisa input kamera dari handycam atau DSLR

    • Kl yg murah bisa pakai usb mygica capit, harganya 200rban. Inputnya pakai kabel rca, kualitasnya sd (dvd). Kl yg hd bisa memakai hdmi capture card, harganya 1 jtan keatas. Pakai kabel hdmi. Kl pk dslr kadang kotak focus masih terlihat di layar, jd kurang bagus. Namun tergantung tipe dslr nya jg.

  4. Mas saya mau nanya, jika inputnya 2 ditayangkan secara bersamaan/on air di fullscreen di 2 display outputnya tapi tampilan kedua tampilan outpunya itu berbeda, tampilan display output 1 menayangkan vidio dan tampilan display output 2 menayangkan dari kamera dan ditayangkan secara bersamaan tapi tampilan keduanya berbeda, gimana caranya mas?

    • Kl pakai vmix saya blm pernah coba, kalau cara sederhana bisa pakai hdmi Splitter dan hdmi switcher. Jadi misal proyektor 1 tersambung langsung kamera/vmix, proyektor 2 tersambung video/presentasi. Jika ingin kedua proyektor menampilkan gambar yg sama maka diberi splitter dan switcher hdmi. Misal laptop untuk video diberi splitter, satu masuk ke proyektor 2. Satunya masuk ke proyektor 1. Proyektor 1 ditambahi switcher agar bisa memilih kamera atau video. Saat ingin gambar berbeda maka tinggal switch swichernya.

Leave a Reply