Untuk membuat live event dengan menggunakan 2 kamera atau lebih, maka kita tentu saja membutuhkan mixer video agar bisa mengatur dengan baik video yang akan kita tampilkan di layar. Mixer video yang ada dipasaran harganya sangat mahal, dan untuk video amatiran seperti saya tentu sangat berat untuk bisa membelinya. Agar bisa menggunakan mixer video dengan murah meriah maka saya mencari-cari software virtual video mixer, yaitu software yang bisa membuat pc kita seolah2 menjadi mixer video.

Akhirnya setelah membaca di beberapa forum, saya menemukan Elektronika Live, sebuah software pengolah video secara live. Diskripsi aslinya seperti ini ” Elektronika live is video software for VJs and live visual performers. it can be used in real time when DJs are playing, or integrated using midi into a live audio/video set. you can also link elektronika to any external midi sequencer and create midi control loops for elektronika using the sequencer which can then be turned on and off during a show”.

Berikut ini tampilannya:

elektronika

Bisa didownload di  http://aestesis.eu

Software ini bisa digunakan untuk 8 channel. Dengan live input antara bisa berasal dari firewire ataupun tv tunner. Saya sudah mencoba dengan menggunakan 2 buah tv tuner (menggunakan 2 buah kamera). Dan hasilnya juga cukup memuaskan. Fitur-fitur Elektronika Live antara lain:

  • Kita bisa menggunakan efek2 saat perpindahan video
  • Menambah text dan gambar secara realtime
  • Memainkan video,audio, movie flash yang ada dihardisk

Namun software ini membutuhkan pc yang spesifikasinya cukup tinggi. Dianjurkan menggunakan Dual Core dan ram 2 giga. Saya mencoba dengan menggunakan IP 4 3.0 HT dengan menggunakan ram 1 giga, dan bisa berjalan dengan lancar namun video outputnya ada delay, sekitar kurang dari 1 detik dan semakin lama semakin berat. (mungkin jika menggunakan dual core tidak ada delaynya – atau mungkin tetep ada delaynya hehe).

Sementara masih dicoba-coba, belum dipraktekkan secara langsung, sehingga belum mengetahui kestabilan software ini apabila digunakan dalam live event sebenarnya. Tapi lumayan juga sebagai pengganti hardware video mixer yang harganya selangit.

Update: Sekarang sudah gratis alias tidak berbayar lagi, tapi tidak tahu apakah masih jalan atau tidak dengan pc terkini 😀

Alternatif Software Video Mixer Gratis Lainnya – vMix

1503 KOMENTAR

  1. gan kalau pakai easycup kualitas gambarnya katanya kurang bagus ada teman nyaranin pakai tv turner tapi slot di moboku cuma sisa 1 slot karena yang 1 udah aku pakai buat soundcard,apakah bisa kalau aku ganti pakai dvrcard pci yg biasa buat cctv itu

    • pada dasarnya bisa pakai semua capture card, cm nanati kadang vmixnya tdk mau mengenali. Memang harus dites terlebih dahulu. kalau yg kualitas bagus memakai capture card hdmi. tapi masih mahal jg harganya.

  2. mas saya punya capture card cctv tapi vmix tidak mengenali…
    gmna caranya agar vmix bisa mengenali capture card cctv trsbut?
    terima kasih.

  3. yang butuh capture card , saya punya 1 capture card ada 4 input video yang bisa di pasang di slot pci, divmix bisa di kenali 4 input, harga barunya sekitar 6 jutaan, ini saya jual 1.700.000. alasan di jual , karena saya mau upgride ke capture card yang hdmi.

  4. mas, bisa d share settinganlive event mnggunakan v mix dan laptop+capture card yg standar (bagus hasilnya).untuk recording (database) dan live view.terimakasih

  5. sy pake vmix 17, i5, ram 2x4gb, ko sering hang. knp ya gan ? klo vmix diinstal ulang bener, tp nnt hang lagi, gmana solusi gan ?

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini