Connect with us

Video

Cara Cepat Menampilkan Kamera Ponsel Ke OBS

Published

on

Kamera ponsel telah menjadi fitur standar pada hampir semua ponsel modern saat ini. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa kamera ponsel juga dapat digunakan sebagai kamera di OBS Studio. Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk melakukan ini seperti DroidCam, Iriun, Ivcam, dan lainnya. Namun, ada satu opsi yang lebih praktis yaitu menggunakan vdo.ninja. Vdo.ninja adalah website yang memungkinkan kamu untuk memasukkan kamera ponselmu ke dalam OBS dengan mudah dan efisien. Caranya melalui browser dengan menggunakan sistem Peer-to-Peer. Berikut cara cepat menampilkan kamera ponsel ke OBS.

Cara Cepat Menampilkan Kamera Ponsel Ke OBS

Caranya cukup mudah, pada ponsel yang kameranya akan digunakan untuk OBS silakan:

Cara Cepat Menampilkan Kamera Ponsel Ke OBS

  • Buka Chrome atau browser lain kemudian buka alamat vdo.ninja.
  • Tekan “Add your camera to OBS”.
  • Terdapat berbagai pengaturan seperti resolusi maupun audio. Jika tidak ada yang dirubah maka bisa langsung tekan “Start”. Kamera bisa dalam mode landscape maupun potret.
  • Setelah itu silakan copy alamat link yang ada di bagian atas web tersebut.

Langkah berikutnya silakan buka OBS Studio.

Cara Cepat Menampilkan Kamera Ponsel Ke OBS

Pada “Source pilih “browser” jika ada jendela notifikasi silakan klik OK.

Advertisement

Cara Cepat Menampilkan Kamera Ponsel Ke OBS

Pada URL masukkan kode yang tadi didapat di ponsel. Pada Width dan Height bisa ditulis sesuai ukuran layar OBS misalnya saja 1920 dan 1080. Centang juga “Control audio via OBS agar audio ponsel masuk ke audio mixer OBS.

Cara Cepat Menampilkan Kamera Ponsel Ke OBS

Tampilan kamera ponsel akan muncul di OBS dan delaynya hanya tipis saja jika jaringan bagus. Kualitas gambar juga menyesuaikan jaringan dan kemampuan router. Maka sebaiknya memakai wifi dalam jaringan yang sama. Selain memakai wifi bisa juga memakai internet data. Semakin bagus koneksi maka gambarnya juga semakin bagus. Namun kualitas kamera ponsel juga mempengaruhi hasilnya.

Jadi ponsel bisa dibawa jalan-jalan untuk menambah sudut pengambilan gambar. Karena ada delaynya sebaiknya tidak untuk mengambil orang yang sedang pidato dan sebagainya. Bisa untuk mengambil gambar penonton.

Jika ingin memakai kode yang sama terus menerus maka di vdo.ninja bisa memilih “Create Reusable Invite”. Kode bisa dipakai berulang kali dan bisa juga dipassword.

Advertisement

Semoga Bermanfaat

Internet

Agar Sources Browser di OBS Bisa Diklik

Published

on

Salah satu “Sources” yang ada di OBS adalah “Browser” dimana pengguna bisa menampilkan halaman web ke dalam OBS, misalnya saja menampilkan video Youtube, website dan lain sebagainya. Namun setelah alamat web dimasukkan dan tampilan muncul di OBS maka tampilan web tersebut tidak dapat diklik. Misalnya saja membuka video Youtube maka kursor tidak bisa dipakai untuk membuat video Youtube tersebut full screen. Berikut ini cara cepat agar sources browser di OBS bisa diklik. (lebih…)

Continue Reading

Video

Agar Suara OBS Terdengar di Speaker

Published

on

OBS (Open Broadcaster Software) adalah aplikasi open-source dan gratis yang digunakan untuk merekam dan melakukan streaming video atau audio secara langsung. OBS memungkinkan pengguna untuk merekam layar komputer, kamera web, serta mengintegrasikan sumber audio dan video lainnya ke dalam satu tampilan. Aplikasi ini sangat berguna bagi para content creator, gamer, atau siapa saja yang ingin berbagi informasi atau konten secara online. Berikut ini ada sedikit tips mengenai cara agar suara OBS terdengar di speaker. (lebih…)

Continue Reading

Video

Cara Menampilkan Safe Margin atau Safe Area di OBS Studio

Published

on

Agar title, logo dan berbagai macam pernak pernik overlay yang kita tempel pada OBS tidak terpotong maka sebaiknya mengaktifkan safe margin atau disebut juga safe area. Safe margin adalah area di dalam bingkai video yang dianggap aman untuk menempatkan teks, grafik, atau elemen penting lainnya sehingga tetap terlihat dan tidak terpotong meskipun video diputar pada berbagai ukuran layar atau perangkat yang berbeda. Berikut ini cara menampilkan safe margin atau safe area di OBS Studio. (lebih…)

Continue Reading