Connect with us

Internet

Tips Memperpanjang Kabel Webcam Agar Tidak Macet Patah-Patah

Published

on

Live streaming adalah kegiatan yang populer saat ini, baik untuk keperluan bisnis, ibadah, edukasi, maupun hiburan. Namun, tidak semua orang memiliki kamera video yang canggih untuk melakukan live streaming. Oleh karena itu, webcam bisa menjadi alternatif yang cukup baik untuk digunakan. Selain itu, saat ini kualitas gambar yang dihasilkan oleh webcam juga sudah semakin bagus. Namun, ada masalah yang sering dihadapi oleh pengguna webcam ketika ingin melakukan live streaming, yaitu jarak antara webcam dan komputer yang terlalu jauh. Kabel yang disediakan biasanya cukup pendek sehingga membutuhkan kabel tambahan untuk memperpanjang jarak. Namun, jika menggunakan kabel USB extender yang kurang bagus, video yang dihasilkan akan patah-patah tidak lancar bahkan macet. Berikut tips memperpanjang kabel webcam agar tidak macet patah-patah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan kabel USB extender yang kualitasnya bagus untuk mendapatkan gambar yang lancar dan tidak patah-patah. Kali ini saya mencoba menggunakan kabel USB extender merek Netline. Setelah mencoba menggunakan kabel USB extender merek Netline dengan panjang 10 meter, hasilnya cukup memuaskan. Saat menggunakan webcam, gambar video yang dihasilkan cukup lancar dan tidak patah-patah, hampir sama seperti ditancapkan langsung ke laptop atau komputer. Delay juga sama seperti tanpa usb extender.

Tips Memperpanjang Kabel Webcam Agar Tidak Macet Patah-Patah

Selain itu, saya mencoba menggunakan 2 kamera sekaligus dalam sebuah usb extender merk Netline ini. Yang saya pasang yaitu USB capture card HDMI merk Acasis dan webcam Nemesis dengan menggunakan USB hub Mumuksu. Saya kira akan patah-patah atau macet ternyata keduanya bisa berjalan dengan lancar.

Ada juga kabel yang panjangnya diatas 10 meter yaitu 15 ataupun 20 meter. Saya belum mencoba yang lebih panjang namun kalau lihat di Youtube bisa juga berjalan lancar. Disini kabel usb extender yang saya gunakan tanpa memakai power tambahan. Namun, ada juga kabel USB extender yang memakai tambahan power alias diberi daya dari charger. Kabel ini lebih cocok digunakan untuk kabel yang sangat panjang, karena akan memperkuat sinyal data yang ditransmisikan. Namun, kabel ini juga lebih mahal dibandingkan kabel USB extender biasa.

Advertisement

Selain Netline kemarin saya juga mencoba usb extender merk Tetherplus, hasilnya juga bagus dan gambar video bisa berjalan tanda kendala.

Jadi sebaiknya memilih kabel yang kualitasnya bagus apabila ingin melakukan live streaming dengan menggunakan webcam dan membutuhkan kabel USB extender untuk memperpanjang kabel. Selain itu, memilih kabel yang memakai tambahan power juga bisa menjadi alternatif jika jarak yang ingin ditempuh sangat jauh. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan live streaming dengan menggunakan webcam.

Semoga Bermanfaat

Advertisement

Internet

Cara Agar File PNG Canva Tidak Pecah Saat Dicetak

Published

on

Dalam era digital saat ini, Canva telah menjadi salah satu alat desain grafis yang populer bagi banyak orang, baik itu untuk keperluan pribadi maupun profesional. Namun, seringkali ada masalah yang muncul saat mencetak gambar yang telah Anda buat menggunakan Canva, terutama jika gambar tersebut dalam format PNG. Pecahnya kualitas gambar saat dicetak menjadi masalah yang cukup umum. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari agar gambar PNG dari Canva tidak pecah saat dicetak. (lebih…)

Continue Reading

Internet

Cara Membuat Kolase di Canva Tanpa Template

Published

on

Canva merupakan platform desain online yang populer dengan berbagai fitur menarik, termasuk membuat kolase foto. Namun, terkadang Anda ingin membuat kolase foto yang unik dan berbeda dari template yang tersedia di Canva. Berikut adalah panduan langkah demi langkah cara membuat kolase di Canva tanpa template alias dibuat manual. (lebih…)

Continue Reading

Internet

Arti Lagu Who I Am Alan Walker dan Putri Ariani

Published

on

Lagu “Who I Am” yang dibawakan oleh Alan Walker, DJ dan produser musik kenamaan asal Norwegia, bersama Peder Elias dan penyanyi Indonesia Putri Ariani , bukanlah sekadar lagu pop biasa. dirilis pada 20 Januari 2024, lagu ini membawa pesan tentang penemuan jati diri, pemberontakan halus terhadap tekanan untuk mengikuti jejak orang lain, dan pentingnya belajar dari kesalahan sendiri. Kolaborasi antara Alan Walker dengan sound elektronik khasnya, Putri Ariani dengan vokal penuh penjiwaan, dan Peder Elias yang menambahkan sentuhan pop, menghasilkan sebuah lagu yang unik dan menyentuh. (lebih…)

Continue Reading