Connect with us

Aplikasi

Bikin CCTV Sederhana Dipadu dengan Dropbox

Published

on

Salah satu cara untuk membuat cctv sederhana adalah dengan mempergunakan webcam. Caranya juga cukup mudah, yaitu silakan pasang webcam ditempat yg strategis. Kalau kabel kurang panjang bisa membeli kabel perpanjangan, namun harus yg kualitasnya bagus. Atau bisa dengan modifikasi kabel lan. Cara bikin kabel perpanjangan usb dengan lan banyak bertebaran di google.

cctv dropbox

Setelah itu install software untuk menampilkan webcam di PC. Ada banyak ragam jenisnya, saya mencoba dengan ispy, dimana fiturnya lumayan lengkap. Untuk mengunduh silakan menuju ispyconnect.com.

Agar webcam ini bisa dipantau dari luar meski tidak mempunyai ip publik maka bisa dengan mempergunakan dropbox. Jika belum  punya  akun dropbox silakan daftar dan install softwarenya di dropbox.com.

Kemudian setting ispy supaya menyimpan filenya di folder dropbox. Klik icon Setting – Storage – Pilih Folder Dropbox Anda.

Advertisement

Setelah itu tinggal tambahkan webcam sesuai keinginan Anda. Bisa ditambahkan lebih dari satu. Tiap webcam ada setingan tersendiri. Misal alert, motion detect, dsb. Agar gambar terkini bisa keliatan maka bisa dengan mengaktifkan fitur Save Frames/FTP. Misal diset save frame tiap 3 detik.

Maka setiap frame berganti atau ada rekaman video motion detect akan langsung masuk/disinkronkan ke akun dropbox Anda. Sehingga hasil rekaman bisa Anda lihat/buka ditempat lain.

Kelemahannya adalah hanya bisa lihat live gambar dengan jeda setiap beberapa detik, tidak bisa live video. Untuk video hanya bisa lihat rekaman motion beberapa waktu yang lalu atau berdasar timelapse . Meski banyak kelemahannya tapi lumayan juga buat sekedar lihat dan juga backup data 😀

Buat lengkapnya silakan dicoba sendiri ya, tidak terlalu rumit, pada dasarnya hasil rekaman disimpan di folder dropbox dan nanti bisa dilihat secara online.

Advertisement

Semoga Bermanfaat

Aplikasi

Cara Keluar Dari Fullscreen di Google Play Games PC

Published

on

Sejak beberapa waktu lalu Google memperkenalkan Google Play Games versi PC. Walau masih beta, platform ini memungkinkan pengguna untuk menikmati permainan Android di PC tanpa memerlukan emulator. Jika kamu memainkan game dengan Google Play Games biasanya akan langsung fullscreen. Nah bagaimanakah cara keluar dari fullscreen di Google Play Games PC. (lebih…)

Continue Reading

Aplikasi

Cara Memasukkan Tanda Tangan di Microsoft Word

Published

on

Tanda tangan merupakan salah satu elemen penting dalam banyak dokumen, terutama dokumen-dokumen yang memerlukan keaslian dan keabsahan. Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang populer dan sering digunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen. Jika Anda ingin menambahkan tanda tangan Anda ke dokumen Word tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan, berikut adalah cara melakukannya dengan mudah. (lebih…)

Continue Reading

Aplikasi

Tips Untuk Ponsel Yang Tidak Bisa Lagi Memakai Whatsapp

Published

on

Apabila Anda masih mempunyai ponsel android yang memakai sistem operasi lawas dibawah 5.0 maka mulai 24 Oktober 2023 tidak bisa lagi memakai Whatsapp. Saya mempunyai sebuah tablet lawas yang terinstall Whatsapp. Kini mulai ada peringatan bahwa Whatspp tidak bisa dipakai di tablet tersebut kedepannya. Jika ponsel Anda tidak lagi mendukung WhatsApp karena perangkat atau sistem operasi Anda terlalu ketinggalan zaman, ada beberapa langkah yang bisa Anda pertimbangkan: (lebih…)

Continue Reading