Connect with us

Gadget

Tips Agar Cctv Ipcam Awet

Published

on

Sedikit tips agar cctv ipcam awet dan tidak cepat rusak. Dalam era digital dan teknologi, penggunaan kamera pengawas atau cctv semakin banyak dipergunakan untuk keamanan dan pengawasan di berbagai tempat, seperti rumah, toko, kantor, atau pabrik. Cctv memungkinkan memantau keamanan dan aktivitas di suatu lokasi secara real-time dan jarak jauh. Salah satu jenis kamera cctv adalah ipcam. Ipcam lebih mudah dipasang terutama untuk pengawasan rumah. Namun, penggunaan yang terus-menerus tanpa perawatan yang benar dapat memperpendek masa pakai kamera, dan mempengaruhi kualitas video yang direkam. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar ipcam tetap awet dan bekerja dengan baik.

Tips Agar Cctv Ipcam Awet

Tips Agar Cctv Ipcam Awet

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga agar ipcam tetap awet adalah dengan memilih produk yang berkualitas. Pilihlah ipcam produsen yang terpercaya dan sudah terbukti kualitas produknya. Saya pernah membeli ipcam tanpa merk seharga 150rban, baru satu tahun sudah tidak bisa dipergunakan. Lebih baik membeli ipcam yang bermerk meskipun harganya lebih mahal.

Cara lainnya untuk menjaga agar ipcam awet adalah dengan melakukan instalasi yang benar. Pastikan Anda menginstal kamera dengan benar dan mengikuti petunjuk instalasi yang diberikan oleh produsen. Hal ini akan menghindari masalah teknis dan memastikan kamera berfungsi dengan baik.

Selanjutnya, tempatkan ipcam di area yang aman dari ancaman fisik seperti guncangan, curah hujan, atau sinar matahari langsung. Letakkan di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau orang iseng.

Advertisement

Perbarui firmware ipcam secara teratur untuk memastikan keamanan dan kinerjanya tetap optimal. Selalu periksa pembaruan firmware untuk ipcam dan pastikan untuk memperbarui perangkat lunaknya sesuai dengan instruksi dari produsen. Ada  beberapa ipcam yang bisa diset pembaharuan firmware otomatis. Namun sebaiknya dilakukan secara manual saja agar lebih terpantau proses updatenya.

Bersihkan ipcam secara teratur dengan lap lembut untuk menghindari kerusakan pada lensa. Kadang banyak debu menempel ataupun laba-laba yang membuat sarang di lensa kamera, sehingga memang harus dibersihkan secara berkala. Susahnya kalau ipcam dipasang di tempat yang tinggi, harus memanjat lagi untuk membersihkan.

Gunakan charger yang sesuai dengan spesifikasi kamera Anda untuk menghindari kerusakan yang bisa terjadi jika Anda menggunakan charger yang tidak sesuai. Kini ipcam banyak yang menggunakan kabel usb maupun power mirip charger ponsel. Namun sebaiknya memang menggunakan kabel dan charger bawaan saja. Jika kurang panjang maka bisa menggunakan perpanjangan kabel listrik.

Jangan biarkan ipcam indoor terkena air atau cairan lainnya, karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada kamera dan memperpendek masa pakainya. Jika ingin memakai ipcam indoor di luar ruangan maka bisa memasang di bawah atap, jadi tidak terkena panas dan hujan.

Advertisement

Pastikan Anda menggunakan sdcard berkualitas tinggi dan yang sesuai dengan spesifikasi kamera Anda, karena sdcard berkualitas buruk dapat menyebabkan kegagalan merekam atau kerusakan pada file rekaman. Apabila memakai sdcard yang kurang bagus maka beberapa bulan akan mulai bermasalah, hasil rekaman ipcam tidak bisa terbaca ataupun pesan bahwa tidak ada sdcard terpasang.

Produk elektronik pasti ada masa hidupnya. Namun jika dirawat dengan baik maka setidaknya bisa bertahan lama dan tidak cepat rusak.

Semoga Bermanfaat

Advertisement

Gadget

Cara Memilih Laptop dengan Bijak Sesuai Kebutuhan Anda

Published

on

Dalam menghadapi berbagai pilihan laptop di pasaran, membuat keputusan yang bijak sesuai dengan kebutuhan pribadi adalah langkah penting. Berikut adalah panduan untuk membantu Anda memilih laptop yang tepat. (lebih…)

Continue Reading

Gadget

Tips Agar CD dan DVD Awet

Published

on

Jaman sekarang penggunaan CD ataupun DVD sudah langka. Kebanyakan memakai flash drive, hardisk portable ataupun cloud. Namun bagaimana cara merawat CD atau DVD jika masih mempunyai koleksinya baik berisi data ataupun video. (lebih…)

Continue Reading

Gadget

Cara Rekam Audio di Mixer Ashley

Published

on

Salah satu mixer audio yang harganya cukup terjangkau adalah Ashley. Salah satu fitur yang dimiliki mixer tersebut adalah kemampuan untuk merekam audio langsung ke flashdisk. Sehingga tidak diperlukan lagi laptop atau recorder untuk merekam. Berikut ini cara rekam audio di Mixer Ashley. (lebih…)

Continue Reading