Connect with us

Info

Ide Usaha Yang Laris Saat Ramadhan

Published

on

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa.  Selain peningkatan keimanan, Ramadhan juga membawa berkah bagi para pelaku usaha.  Kebiasaan dan tradisi masyarakat selama Ramadhan membuka peluang usaha yang sangat menjanjikan.  Nah, kalau kamu tertarik meraup berkah di bulan suci ini, simak berbagai ide usaha yang laku saat Ramadhan berikut:

Ide Usaha Yang Laris Saat Ramadhan

1. Kuliner Ramadhan

  • Takjil dan Minuman Segar: Ini dia yang paling banyak dicari, Menjelang buka puasa, orang akan ramai mencari makanan dan minuman untuk berbuka.  Jualan kolak, es campur, gorengan, aneka kurma, atau menu takjil lainnya  dijamin laris manis. Sebaiknya jualan di tempat yang ramai seperti pasar sore Ramadhan. Atau kalau masih pengen coba-coba maka bisa jualan depan rumah terlebih dahulu.
  • Katering Sahur & Buka Puasa: Bagi masyarakat yang sibuk dan tak sempat masak, katering menjadi solusi tepat.  Tawarkan paket sahur dan buka puasa dengan menu yang bervariasi dan menggugah selera.  Jangan lupa sediakan juga pilihan porsi untuk individu atau keluarga. Selain untuk konsumsi perorangan bisa juga usaha nasi box untuk buka puasa bersama.
  • Kue Kering Lebaran: Nastar, kastengel, putri salju, dan kue kering lainnya tak pernah absen saat lebaran.  Nah, jauh-jauh hari sebelum lebaran, permintaan kue kering akan meningkat.  Ini saat yang tepat untuk membuat dan menjual kue kering homemade  dengan kualitas premium atau rasa yang unik.


2. Perlengkapan Ibadah

  • Mukena, Sajadah, dan Perlengkapan Sholat: Banyak orang ingin memperbaharui perlengkapan sholat mereka untuk menyambut Ramadhan.  Juallah mukena, sajadah, sarung, peci, tasbih, dan perlengkapan sholat lainnya dengan berbagai pilihan bahan, motif, dan harga.
  • Al-Quran dan Buku-buku Keagamaan:  Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memperdalam ilmu agama.  Tawarkan Al-Quran dengan berbagai terjemahan, juz Amma, atau buku-buku Islami seperti tafsir, kisah nabi, dan lain-lain.


3. Busana Muslim

Baju Koko, Gamis, dan Hijab:  Menjelang Ramadhan, permintaan baju koko, gamis, dan hijab akan meningkat.  Tawarkan busana muslim dengan desain kekinian dan bahan yang nyaman digunakan untuk sholat tarawih atau aktivitas ibadah lainnya.  Jangan lupa sediakan juga berbagai ukuran dan model untuk anak-anak maupun dewasa.

4. Parcel Lebaran

Paket Hampers dan Bingkisan Lebaran:  Mengirimkan hampers berisi kue kering, kurma, sirup, atau produk lainnya menjadi tradisi saat lebaran.  Tawarkan jasa pembuatan hampers cantik dan unik dengan berbagai isi dan harga. 


Tips Sukses Meraup Keuntungan di Bulan Ramadhan

  • Rencanakan dengan matang. Lakukan riset pasar untuk mengetahui produk atau layanan apa yang paling diminati.  Hitung modal, buat target penjualan, dan tentukan strategi pemasaran yang efektif.
  • Pilihlah usaha yang sesuai passion dan keahlian. Ini akan membuatmu lebih semangat dalam menjalankan usaha dan bisa memberikan pelayanan terbaik.
  • Tawarkan produk atau layanan berkualitas. Gunakan bahan-bahan yang baik dan berikan pelayanan yang prima kepada pelanggan.  Jangan lupa jaga kebersihan produk dan tempat usaha.
  • Harga yang kompetitif. Lakukan survei harga pasaran agar produk atau layananmu bisa bersaing.  Tawarkan juga diskon atau promo menarik untuk menarik minat pembeli.
  • Manfaatkan teknologi. Promosikan usahamu melalui media sosial, pesan instan, atau marketplace online.  Buat foto produk yang menarik dan deskripsi yang jelas.

Dengan persiapan yang matang, produk atau layanan berkualitas, serta strategi pemasaran yang tepat,  niscaya kamu bisa meraih keuntungan yang maksimal di bulan Ramadhan.  Selamat mencoba dan semoga sukses!

Info

Menjelajahi Dunia Kurma: Beragam Jenis dan Kelezatannya

Published

on

Kurma, buah manis nan kaya manfaat, merupakan makanan istimewa yang tak hanya dinikmati saat bulan Ramadhan, tetapi juga digemari sepanjang tahun. Buah ini hadir dalam berbagai jenis, masing-masing dengan ciri khas rasa, tekstur, dan manfaatnya. Mari kita jelajahi beberapa jenis kurma populer. (lebih…)

Continue Reading

Info

Perbedaan Telur Bebek dan Telur Ayam

Published

on

Telur bebek dan telur ayam merupakan bahan makanan populer yang kaya protein dan nutrisi. Meski sekilas tampak serupa, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam ukuran, rasa, tekstur, kandungan gizi, dan manfaat kesehatan. Berikut ini perbedaan antara telur bebek dan telur ayam. (lebih…)

Continue Reading

Info

Fakta Unik Kurma Yang Belum Kamu Ketahui

Published

on

Kurma, buah manis dengan tekstur kenyal dan rasa legit, bukan hanya hidangan istimewa di bulan Ramadan. Buah ini menyimpan banyak fakta unik dan manfaat luar biasa, menjadikannya simbol kehidupan di tengah kerasnya gurun pasir. Berikut beberapa di antaranya: (lebih…)

Continue Reading