Connect with us

Ponsel

Membuat Video Sambil Membaca Teks Dengan Teleprompter Capcut

Published

on

Berbicara di depan kamera bagi sebagian orang adalah hal yang sangat mudah dan mengasikkan. Namun bagi sebagian orang yang lain hal tersebut merupakan sesuatu yang sulit. Misalnya saja ada tugas untuk membuat rekaman pidato menggunakan ponsel. Jika pikiran ngeblank maka tugas tak kunjung selesai. Untuk mengatasinya bisa dengan membaca kertas yang berisi teks pidato. Namun jika penempatan kertas tidak pas maka nanti gerakan dan arah mata menjadi tidak natural. Agar mata tidak lirik kesana kemari maka bisa menggunakan aplikasi teleprompter. Dengan aplikasi ini maka teks pidato bisa ditampilkan di layar ponsel sehingga tidak perlu lagi menggunakan kertas contekan. Banyak aplikasi yang tersedia di playstore, namun kali ini akan menggunakan fitur bawaan yang ada di aplikasi CapCut.  Berikut ini cara membuat video sambil membaca teks dengan teleprompter CapCut .

Silakan buka aplikasi CapCut, pilih menu “Edit”. Di bagian kanan atas terdapat “Prompter”. Silakan tekan “Prompter” dan akan tampil kamera ponsel dengan teks didepannya. Tekan icon pensil untuk mengedit teks. Silakan edit teks secara manual atau bisa juga copy paste dari Google Doc, Word dan sebagainya.

Membuat Video Sambil Membaca Teks Dengan Teleprompter Capcut

Setelah itu edit kecepatan menggulir teks dengan klik icon segi enam. Terdapat pilihan untuk mengatur kecepatan, ukuran dan warna huruf. Sesuaikan kecepatan teks dengan kecepatan kita berbicara. Sebaiknya jangan terlalu cepat maupun terlalu lambat.

Setelah siap silakan pencet tombol rekam video dan membaca teks yang menggulir keatas. Kotak teks bisa dipindah namun sebaiknya posisinya tetap sedekat mungkin dengan kamera depan ponsel agar mata tidak terlihat menatap kebawah. Selain itu sebaiknya mata sambil berkedip-kedip agar terlihat natural.

Advertisement

Bagaimana cara mengganti kamera. Terkadang saat prompter CapCut dibuka yang dipakai adalah kamera belakang. Untuk mengubah kamera belakang menjadi depan silakan tutup dulu kotak teks dengan menekan tombol silang. Kemudian pencet icon ganti kamera yang ada di kanan atas.

Agar berpidato atau bicara depan kamera lebih lancar sebaiknya memang mempelajari teksnya terlebih dahulu. Teks dibaca berulang-ulang terlebih dahulu disertai belajar intonasi agar suara tidak monoton. Setelah oke baru deh ambil videonya.

Semoga Bermanfaat

Advertisement

Ponsel

Membuat Animasi Dengan Cepat di Canva

Published

on

Canva adalah sebuah platform desain grafis online yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis desain, mulai dari poster, kartu ucapan, presentasi, hingga animasi. Canva sangat populer di kalangan pengguna yang ingin membuat desain yang menarik tanpa harus mempelajari keahlian desain grafis yang rumit. Berikut ini sedikit tips mengenai membuat animasi dengan cepat di Canva. (lebih…)

Continue Reading

Ponsel

Tips Untuk Menjaga Agar Earphone Tidak Cepat Rusak

Published

on

Earphone merupakan salah satu aksesori ponsel yang sering digunakan oleh banyak orang untuk mendengarkan musik atau untuk keperluan telepon. Namun, salah satu masalah yang sering terjadi adalah kabel earphone cepat rusak atau putus. Terutama earphone yang murah meriah harga 10-20rban. Hal ini tentunya sangat mengganggu dan bisa membuat pengguna merasa kesal. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga agar earphone tidak cepat rusak. (lebih…)

Continue Reading

Ponsel

Cara Membuat Irama atau Beat Otomatis di Capcut

Published

on

Salah satu cara yang efektif untuk membuat sebuah video menjadi menarik adalah dengan menyesuaikan antara perpindahan gambar dengan irama musik yang digunakan. Saat kita menyelaraskan perpindahan gambar dengan irama musik, maka secara otomatis akan menghasilkan sebuah suasana yang harmonis dan mengundang perhatian pemirsa. Hal ini dapat membuat video yang dibuat menjadi lebih menggugah emosi, memikat perhatian, dan tentunya membuatnya lebih menarik untuk ditonton. Dengan cara ini, video yang dibuat akan dapat memberikan pengalaman yang lebih mendalam bagi para penonton dan meningkatkan nilai hiburan yang diberikan. Berikut ini cara membuat irama atau beat otomatis di CapCut. (lebih…)

Continue Reading