Connect with us

Info

Mencoba Perpanjangan SIM Online Lewat Aplikasi Digital Korlantas

Published

on

Tulisan ini sebuah pengalaman saat mencoba perpanjangan sim online lewat aplikasi Digital Korlantas POLRI. Aplikasi ini adalah aplikasi resmi dari POLRI yang diantaranya bisa digunakan untuk perpanjangan sim A dan C secara online. Proses perpanjangan sim sendiri di luar ekspektasi. Saat membaca review aplikasi Digital Korlantas, kebanyakan mengeluh karena proses perpanjangan tidak berjalan baik. Akhirnya saya mencoba perpanjangan sim online lewat aplikasi ini pada pertengahan bulan Januari 2023 lalu.

Biar tidak salah pencet, saya cari-cari dahulu tutorial penggunaan aplikasi Digital Korlantas POLRI di Youtube. Pada dasarnya untuk perpanjangan sim secara online ada 3 aplikasi/web yang digunakan yaitu

  • Tes kesehatan melalui erikkes.id. Kemarin saya memilih faskes di kota Adm Jakarta Pusat – Pusdokkes POLRI. Biaya gratis dan tes secara online. Beberapa menit saja tes sudah selesai.
  • Tes psikologi di app.eppsi.id. Tes secara online dan biayanya Rp37,500. Soal mudah namun jumlahnya ada banyak sehingga butuh waktu dan kesabaran.
  • Setelah semua tes berhasil maka bisa mendaftar perpanjangan sim online lewat aplikasi Digital Korlantas POLRI.

Hasil tes kesehatan dan psikologi akan otomatis masuk ke aplikasi Digital Korlantas asalkan semua menggunakan email yang sama. Untuk mendaftar dibutuhkan verifikasi wajah sehingga tidak bisa diwakilkan orang lain.

Setelah itu upload dokumen pendukung yaitu foto ktp, sim, tanda tangan di kertas putih dan pas foto dengan background biru. Ukuran fotonya harus sesuai ketentuan yaitu 480×640. Untuk pemilihan satpas bisa memilih satpas terdekat atau satpas yang material simnya tersedia. Jadi bisa memilih satpas di seluruh Indonesia. Kemarin saya memilih satpas di Jawa Barat meskipun sim Yogyakarta.

Advertisement

Tahap terakhir adalah melakukan pembayaran perpanjangan sim. Untuk sim C biayanya Rp75.000. Sayangnya pembayarannya baru bisa lewat virtual account BNI. Terdapat biaya layanan sebesar Rp.10.000 dan ongkir sesuai lokasi pengiriman. Sebenarnya bisa juga diambil jika satpasnya satu kota.

Pengiriman hanya bisa dilakukan lewat Pos Indonesia. Dengan memilih layanan express Pos Indonesia dari Bandung ke Yogyakarta biayanya Rp32.500. Hari kamis siang sim dikirim, jumat siang sudah sampai. Jadi total biaya yang dikeluarkan Rp155.000.

Sebelumnya saya mengira perpanjangan sim secara online ini akan berbelit-belit, namun ternyata berjalan baik dan tidak ada kendala. Mungkin saat itu sedang tidak ada antrian dan material sim masih ada sehingga langsung diproses. Pengiriman juga cepat, sehari langsung sampai.

Jika ingin menggunakan aplikasi Digital Korlantas POLRI sebaiknya melihat dahulu tutorial di Youtube. Banyak tutorial yang memberikan penjelasan detail mengenai langkah dan tips agar proses perpanjangan berjalan lancar. Selain itu jangan mepet waktunya agar tidak tergesa-gesa.

Advertisement

Semoga Bermanfaat

Advertisement

Info

Ide Usaha Yang Laris Saat Ramadhan

Published

on

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa.  Selain peningkatan keimanan, Ramadhan juga membawa berkah bagi para pelaku usaha.  Kebiasaan dan tradisi masyarakat selama Ramadhan membuka peluang usaha yang sangat menjanjikan.  Nah, kalau kamu tertarik meraup berkah di bulan suci ini, simak berbagai ide usaha yang laku saat Ramadhan berikut: (lebih…)

Continue Reading

Info

Menjelajahi Dunia Kurma: Beragam Jenis dan Kelezatannya

Published

on

Kurma, buah manis nan kaya manfaat, merupakan makanan istimewa yang tak hanya dinikmati saat bulan Ramadhan, tetapi juga digemari sepanjang tahun. Buah ini hadir dalam berbagai jenis, masing-masing dengan ciri khas rasa, tekstur, dan manfaatnya. Mari kita jelajahi beberapa jenis kurma populer. (lebih…)

Continue Reading

Info

Perbedaan Telur Bebek dan Telur Ayam

Published

on

Telur bebek dan telur ayam merupakan bahan makanan populer yang kaya protein dan nutrisi. Meski sekilas tampak serupa, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam ukuran, rasa, tekstur, kandungan gizi, dan manfaat kesehatan. Berikut ini perbedaan antara telur bebek dan telur ayam. (lebih…)

Continue Reading