Beranda » Aplikasi » Cara Export File Word Ke Pdf Dengan Cepat di LibreOffice Writer

Cara Export File Word Ke Pdf Dengan Cepat di LibreOffice Writer


Salah satu untuk mengirim dokumen Word biasanya dengan merubah formatnya menjadi pdf. Manfaat utama dari mengubah file Word menjadi PDF adalah untuk meningkatkan keamanan dan kompatibilitas dokumen. Berikut ini sedikit tips cara export file Word ke Pdf dengan cepat di LibreOffice Writer.

Sebelum menuju ke tips export Word ke Pdf di LibreOffice Writer, berikut ini sedikit ulasan mengenai apa itu Pdf.  Format Pdf (Portable Document Format) adalah format dokumen yang dikembangkan oleh Adobe Systems yang memungkinkan dokumen untuk dibuka di berbagai perangkat dan sistem operasi tanpa terpengaruh oleh pengaturan atau font yang digunakan. Ini berarti bahwa dokumen yang dibuat pada komputer Windows dapat dibuka dengan baik pada Mac atau Linux tanpa masalah apapun.

Selain itu, file Pdf juga dapat dilindungi dengan password untuk mencegah pengeditan atau penyalinan yang tidak sah. Ini sangat berguna jika Anda harus mengirimkan dokumen yang berisi informasi rahasia atau sensitif yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Dengan mengubah file Word menjadi Pdf dan menambahkan password, Anda dapat yakin bahwa dokumen Anda aman dan hanya dapat dibuka oleh orang yang diberi izin.

Format Pdf juga memungkinkan Anda untuk menambahkan tanda tangan digital pada dokumen, yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa dokumen tersebut asli dan ditandatangani oleh seseorang yang berwenang. Ini sangat berguna untuk dokumen legal atau perjanjian yang harus ditandatangani secara elektronik.

Selain itu, format Pdf juga memungkinkan Anda untuk menambahkan hyperlink, bookmark, dan navigasi yang sangat berguna untuk dokumen yang panjang atau kompleks. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyediakan akses yang lebih mudah ke bagian tertentu dari dokumen, sehingga memudahkan pembaca untuk menemukan informasi yang diinginkan.


Format Pdf juga sangat cocok untuk dokumen yang akan dicetak. Karena format ini menyimpan informasi posisi geometri, warna, font, dan halaman, sehingga membuat dokumen yang dicetak sesuai dengan tampilan asli.

Secara keseluruhan, mengubah file Word menjadi Pdf sangat berguna untuk meningkatkan keamanan, kompatibilitas, dan fungsionalitas dokumen. Format ini sangat berguna untuk dokumen yang akan dibagikan atau dicetak, dan memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur tambahan seperti password, tanda tangan digital, hyperlink, dan navigasi.

Cara Export File Word Ke Pdf Dengan Cepat di LibreOffice Writer

Nah bagaimana caranya export ketikan yang kita buat di LibreOffice Writer menjadi Pdf dengan cepat. Caranya cukup mudah, silakan pencet tombol export ke Pdf yang ada di  menu LibreOffice Writer. Tombol ini ada di sebelah kiri tombol printer.

Cara Export File Word Ke Pdf Dengan Cepat di LibreOffice Writer

Setelah itu silakan beri nama dan simpan. Jika ingin pengaturan yang lebih lanjut maka bisa export melalui File > Export As > Export As Pdf. Akan muncul menu pengaturan sebelum disimpan misalnya saja bisa mengatur kualitas gambar, watermark, set password dan lain-lain.

Semoga Bermanfaat