Connect with us

Gadget

Agar Laptop Jadul Kinerjanya Menjadi Cepat

Published

on

Laptop keluaran lama alias laptop tua semakin hari biasanya menjadi semakin lambat dimakan usia. Salah satu penyebabnya karena Windows selalu diupdate. Setelah diupdate tidak menjadi ringan malah laptop menjadi semakin lambat. Saya mempunyai laptop keluaran lama HP Pavilion X360 11-N045TU. Prosesornya memakai Intel DualCore N2830, ram 4GB dan hardisk 500GB. OS bawaan adalah Windows 8.1 dan sudah diupgrade ke Windows 10. Namun kinerjanya sangat lambat, bahkan untuk booting membutuhkan waktu bermenit-menit. Berikut ini sedikit tips agar laptop lama kinerjanya menjadi cepat.

Agar Laptop Lama Kinerjanya Menjadi Cepat

Agar laptop lama kinerjanya menjadi cepat bisa menggunakan beberapa tips berikut ini. Pertama yang bisa dilakukan adalah mengganti sistem operasi yang lebih ringan. Karena Windows 10 yang dipergunakan sangat lambat maka akhirnya saya hapus. Meskipun software asli namun kinerjanya lambat maka sama saja. Windows 10 saya ganti mempergunakan Linux Mint Xfce. Kinerjanya lumayan lebih cepat dibanding Windows 10. Saat browsing menggunakan Firefox bisa berjalan dengan lancar dan menghabiskan ram yang tidak banyak. Alternatif lain selain Linux Mint bisa mempergunakan MX Linux, Antix, dan lain lain.

Apabila masih suka memakai Windows maka kamu bisa menggunakan versi Windows yang jadul misalnya Windows 10 versi 1909. Bisa juga menggunakan versi modifikasinya misalnya dengan Windows Ghost Spectre. Windows ini sangat enteng saat saya pergunakan di laptop dengan spek seperti diatas. Banyak fitur yang dikurangi agar Windows bisa berjalan dengan cepat. Namun apakah Windows Ghost Spectre atau versi modifikasi lainnya aman? Ada yang bilang aman, ada juga yang bilang komputer menjadi rentan. Selain itu juga berbau ilegal karena modifikasi. Akhirnya saya tetap memakai Linux Mint untuk laptop HP Pavilion tersebut.

Cara lain agar kinerja laptop kentang menjadi lebih cepat adalah dengan mengupgrade hardwarenya. Bisa dengan menambah ram maupun mengganti hardisk menjadi ssd. Disini saya mencoba mengganti hardisk menjadi ssd. Ssd yang murah harganya sekitar 160-200an ribu untuk 128GB. Kinerja laptop menjadi meningkat, misalnya saja proses booting Linux Mint yang sebelumnya sekitar 1 menit setelah ganti ssd menjadi sekitar 20 detik saja. Membuka aplikasi juga menjadi lebih cepat.

Advertisement

Namun tentu saja kinerjanya tidak bisa dibandingkan dengan laptop generasi baru terutama yang prosesornya lebih tinggi. Meski ram dan ssd diganti namun kemampuan prosesor tetap terbatas karena tidak bisa diganti.

Semoga Bermanfaat

Gadget

Cara Memilih Laptop dengan Bijak Sesuai Kebutuhan Anda

Published

on

Dalam menghadapi berbagai pilihan laptop di pasaran, membuat keputusan yang bijak sesuai dengan kebutuhan pribadi adalah langkah penting. Berikut adalah panduan untuk membantu Anda memilih laptop yang tepat. (lebih…)

Continue Reading

Gadget

Tips Agar CD dan DVD Awet

Published

on

Jaman sekarang penggunaan CD ataupun DVD sudah langka. Kebanyakan memakai flash drive, hardisk portable ataupun cloud. Namun bagaimana cara merawat CD atau DVD jika masih mempunyai koleksinya baik berisi data ataupun video. (lebih…)

Continue Reading

Gadget

Cara Rekam Audio di Mixer Ashley

Published

on

Salah satu mixer audio yang harganya cukup terjangkau adalah Ashley. Salah satu fitur yang dimiliki mixer tersebut adalah kemampuan untuk merekam audio langsung ke flashdisk. Sehingga tidak diperlukan lagi laptop atau recorder untuk merekam. Berikut ini cara rekam audio di Mixer Ashley. (lebih…)

Continue Reading