Jaman saya kecil, tv tidak ada remotenya. Untuk mengganti channel atau mengatur suara harus menekan tombol yang ada di tv. Jika males berdiri maka bisa pakai kaki ataupun tongkat. Kini segala sesuatu lebih mudah, tv dan perangkat elektronik lainnya sudah disertakan remote. Demikian pula stb tv digital. Apabila memakai stb tv digital maka remote yang digunakan ada 2 yaitu remote stb dan remote tv. Remote tv untuk menyalakan tv sedangkan remot stb untuk mengganti channel. Ada remote yang lebih praktis yaitu satu remote untuk tv dan stb. Dipasaran ada berbagai macam jenisnya, kali ini mencoba remote pintar Matrix. Disini akan membahas bagaimana cara setting remote pintar Matrix stb tv digital.

Remote multi ini dikhususkan untuk stb tv digital Matrix. Bentuknya lebih panjang daripada remote bawaan stb. Bentuk kardusnya seperti ini.

Cara Setting Remote Pintar Matrix Stb Tv Digital

Remote sedikit lebih panjang karena ada tambahan menu untuk meremote tv di bagian atas. Pada bagian “Tv Control” terdapat tombol power, tv/av, vol-, vol+. Tombol tersebut bisa diprogram dengan mengcopy tombol remote asli. Harganya sendiri sekitar 20rb di pasar online.

Cara Setting Remote Pintar Matrix Stb Tv Digital


Bagaimanakah cara setting remote pintar Matrix Stb Tv Digital ? Untuk meremote stb tidak ada pengaturannya. Bisa langsung dipakai untuk remote stb tv digital Matrix. Saya pakai untuk stb Matrix Apple Merah bisa berjalan lancar. Meski demikian ada beberapa menu yang berbeda. Pencet ini keluarnya menu itu. Sedangkan untuk remote tv harus disetting dahulu. Siapkan remote asli, atau bisa juga memakai aplikasi mi remote atau sejenisnya jika remote tv hilang/rusak. Pada dasarnya remote pintar Matrix akan mencopy fungsi dari remote asli. Namun hanya 4 tombol yang bisa disalin

Cara Setting Remote Pintar Matrix Stb Tv Digital

Cara setting remote pintar Matrix Stb Tv Digital sebagai berikut. Panduan untuk setting sebenarnya ada di dus maupun belakang remote. Namun agak membingungkan penjelasannya. Pertama dekatkan remote tv ke remote pintar Matrix seperti gambar diatas.

  1. Pencet lama tombol SET sekitar 3-4 detik sampai lampu menyala terus.
  2. Misalnya saja ingin mengatur tombol on off tv. Silakan tekan tombol power hijau. Lampu akan berkedip pelan.
  3. Pencet tombol power di remote tv dengan diarahkan ke remote Matrix. Jika berhasil lampu akan berkedip cepat kemudian berkedip lamban kembali. Setelah itu pencet tombol “VOL-” di remote Matrix. Kemudian pencet tombol volume turun di remote tv. Jika berhasil lampu akan berkedip cepat kemudian berkedip lamban kembali. Cara sama untuk 2 tombol lainnya.
  4. Setelah selesai semua tekan “SET” untuk menyimpan. Atau bisa juga setiap selesai setting satu tombol kemudian tekan “SET”

Namun kadangkala setting untuk tv tidak langsung jadi. Saya mencoba memasukkan remote tv Sharp berulang kali baru bisa berjalan. Jadi harus sabar apabila dalam sekali setting belum bisa berjalan. Sebaiknya setting pertombol saja, setelah itu langsung dicoba. Jika tidak bisa jalan silakan setting lagi.

Kelemahan remote ini adalah tidak ada tombol info. Jadi tidak bisa melihat info sinyal di stb. Mengakalinya bisa dengan memakai tombol untuk tv. Salah satu tombol untuk tv dipakai untuk tombol info dengan mengcopy dari remote stb asli.

Semoga Bermanfaat


PrevDownload Kalender 2023 Versi Excel dan PDF
NextMengganti Font Bawaan di LibreOffice Writer