Connect with us

Aplikasi

Memasang Usb Video Capture Card HDMI di Linux Mint

Published

on

Iseng-iseng mencoba menancapkan usb video capture card hdmi merk Acasis di laptop kentang yang mempergunakan linux mint. Bisakah memasang usb video capture card hdmi di linux mint?

Jawabannya ternyata bisa dan tidak perlu menginstal driver tambahan. Namun hal ini tergantung dari usb video capture card yang dipergunakan. Disini saya memakai capture card harga 200rb-an merk Acasis. Colok di port usb dan langsung bisa berjalan dengan baik.

Saya mencoba dengan dua software, yang pertama adalah Cheese dan OBS. Kedua software tersebut bisa diinstall lewat Software Manager bawaan linux mint. Cheese adalah aplikasi untuk merekam dan mengambil foto webcam. Tampilan dan pengaturannya sederhana namun bisa berjalan lancar.

CHEESE

Saat Cheese dijalankan yang langsung terbuka adalah webcam laptop. Untuk mengganti sumber video bisa dengan menekan icon tiga garis di kanan atas kemudian pilih “Preferences”. Bagian “Device” pilih usb video capture card yang dimiliki, disini saya memakai Acasis dimana muncul nama “HD 31 Video”. Bisa juga berpindah sumber video dengan menekan tombol video di bagian bawah aplikasi Cheese.  Resolusi video dan foto bisa menyesuaikan keinginan.

Advertisement

Memasang Usb Video Capture Card HDMI di Linux Mint

Untuk merekam video atau mengambil foto bisa menekan tombol yang tersedia. Kalau hanya sekedar menonton maka bisa dibuat fullscreen dengan menekan icon tiga garis di kanan atas aplikasi kemudian pilih “Fullscreen”.

OBS STUDIO

Software lainnya yang lebih kompleks bisa mempergunakan OBS Studio. Untuk menambahkan device pada bagian “Source” pencet tanda + dan pilih “Video Capture Device”. Akan muncul jendela untuk membuat source baru, silakan klik “OK”.

Pada pengaturan device pilih usb video capture card yang dipergunakan. Jika terasa patah-patah maka pada bagian video format pilih selain YUYV. Setelah pengaturan selesai klik “OK”. Selanjutnya bisa melakukan streaming atau rekaman sesuai keinginan.

Memasang Usb Video Capture Card HDMI di Linux Mint

Jika ingin video fullscreen maka bisa klik kanan di sebelah video kemudian pilih “Fullscreen Projector (Preview)” dan pilih display yang diinginkan.

Advertisement

Itulah dua software yang saya coba di linux mint. Berhubung dicoba dengan laptop kentang maka hanya bisa preview video dengan lancar. Jika merekam dalam resolusi hd maka akan patah-patah hasil rekamannya. Namun jika menggunakan laptop yang speknya bagus maka bisa merekam kualitas tinggi dengan lancar.

Semoga Bermanfaat

Aplikasi

Cara Keluar Dari Fullscreen di Google Play Games PC

Published

on

Sejak beberapa waktu lalu Google memperkenalkan Google Play Games versi PC. Walau masih beta, platform ini memungkinkan pengguna untuk menikmati permainan Android di PC tanpa memerlukan emulator. Jika kamu memainkan game dengan Google Play Games biasanya akan langsung fullscreen. Nah bagaimanakah cara keluar dari fullscreen di Google Play Games PC. (lebih…)

Continue Reading

Aplikasi

Cara Memasukkan Tanda Tangan di Microsoft Word

Published

on

Tanda tangan merupakan salah satu elemen penting dalam banyak dokumen, terutama dokumen-dokumen yang memerlukan keaslian dan keabsahan. Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang populer dan sering digunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen. Jika Anda ingin menambahkan tanda tangan Anda ke dokumen Word tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan, berikut adalah cara melakukannya dengan mudah. (lebih…)

Continue Reading

Aplikasi

Tips Untuk Ponsel Yang Tidak Bisa Lagi Memakai Whatsapp

Published

on

Apabila Anda masih mempunyai ponsel android yang memakai sistem operasi lawas dibawah 5.0 maka mulai 24 Oktober 2023 tidak bisa lagi memakai Whatsapp. Saya mempunyai sebuah tablet lawas yang terinstall Whatsapp. Kini mulai ada peringatan bahwa Whatspp tidak bisa dipakai di tablet tersebut kedepannya. Jika ponsel Anda tidak lagi mendukung WhatsApp karena perangkat atau sistem operasi Anda terlalu ketinggalan zaman, ada beberapa langkah yang bisa Anda pertimbangkan: (lebih…)

Continue Reading