Connect with us

Video

Render Premiere Berhasil Namun Video Hanya Bisa Diplay Separuh

Published

on

Pernahkah mengalami render Premiere berhasil namun video hanya bisa diplay separuh?Beberapa waktu lalau saya merender sebuah video dengan menggunakan komputer kentang. Waktu yang dibutuhkan cukup lama karena banyak grading warna yang digunakan. Akhirnya setelah beberapa jam video selesai dirender. Saat diplay ternyata hanya separuh video yang bisa dimainkan. Saat mencapai menit tertentu video akan kembali lagi ke depan. Bagian belakang tidak bisa dimainkan sama sekali.

Kemudian saya mengecek timeline video apakah apakah ada file yang eror. Saat dirender separuh bagian belakang ternyata tidak ada masalah. Setelah dicek kesana kemari ternyata penyebabnya hanya sepele. Ternyata hardisk yang digunakan untuk file project dan menyimpan hasil render hampir habis alias kepenuhan. Meski masih sisa beberapa giga namun ternyata tidak muat untuk merender video tersebut. Kemungkinan sisanya harus 2-3 kali ukuran video yang dirender.

Cara mengatasinya dengan menghapus file-file yang tidak diperlukan lagi. Saya menggunakan WinDirStat untuk melihat file apa saja yang ukurannya besar dan menghapusnya. Setelah ada ruang kosong yang lebih besar akhirnya render bisa berhasil.

Apabila komputer yang dipakai masih komputer kentang maka bisa merender video panjang dalam beberapa bagian agar render tidak berat. Kemudian video digabungkan dengan memakai aplikasi LosslessCut. Video akan digabung dengan cepat tanpa perlu merender ulang. Cara memakai LosslessCut bisa dilihat di Gabung Video Dengan Cepat Tanpa Render Ulang.

Advertisement

Semoga Bermanfaat

Internet

Agar Sources Browser di OBS Bisa Diklik

Published

on

Salah satu “Sources” yang ada di OBS adalah “Browser” dimana pengguna bisa menampilkan halaman web ke dalam OBS, misalnya saja menampilkan video Youtube, website dan lain sebagainya. Namun setelah alamat web dimasukkan dan tampilan muncul di OBS maka tampilan web tersebut tidak dapat diklik. Misalnya saja membuka video Youtube maka kursor tidak bisa dipakai untuk membuat video Youtube tersebut full screen. Berikut ini cara cepat agar sources browser di OBS bisa diklik. (lebih…)

Continue Reading

Video

Agar Suara OBS Terdengar di Speaker

Published

on

OBS (Open Broadcaster Software) adalah aplikasi open-source dan gratis yang digunakan untuk merekam dan melakukan streaming video atau audio secara langsung. OBS memungkinkan pengguna untuk merekam layar komputer, kamera web, serta mengintegrasikan sumber audio dan video lainnya ke dalam satu tampilan. Aplikasi ini sangat berguna bagi para content creator, gamer, atau siapa saja yang ingin berbagi informasi atau konten secara online. Berikut ini ada sedikit tips mengenai cara agar suara OBS terdengar di speaker. (lebih…)

Continue Reading

Video

Cara Cepat Menampilkan Kamera Ponsel Ke OBS

Published

on

Kamera ponsel telah menjadi fitur standar pada hampir semua ponsel modern saat ini. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa kamera ponsel juga dapat digunakan sebagai kamera di OBS Studio. Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk melakukan ini seperti DroidCam, Iriun, Ivcam, dan lainnya. Namun, ada satu opsi yang lebih praktis yaitu menggunakan vdo.ninja. Vdo.ninja adalah website yang memungkinkan kamu untuk memasukkan kamera ponselmu ke dalam OBS dengan mudah dan efisien. Caranya melalui browser dengan menggunakan sistem Peer-to-Peer. Berikut cara cepat menampilkan kamera ponsel ke OBS.

(lebih…)

Continue Reading