Connect with us

Video

Gabung Video Dengan Cepat Tanpa Render Ulang

Published

on

Saya mempunyai beberapa video dengan durasi panjang, semua ingin digabung langsung tanpa ada tambahan editing. Saat digabung di Adobe Premiere dan kemudian dirender ternyata waktu rendernya sangat lama. Bagaimanakah cara gabung video dengan cepat tanpa render ulang?

Ada sebuah software yang bisa menggabungkan beberapa video tersebut menjadi satu dengan cepat. Tanpa perlu render ulang yang menghabiskan banyak waktu. Tapi tentu saja seluruh format video harus sama. Software yang bisa dipergunakan adalah Losless Cut. Untuk mendownload silakan buka github.com/mifi/lossless-cut. Scroll ke baguian bawah ada menu untuk download. Bisa untuk Windows, Mac OS X dan Linux.

Saya mencoba download versi windows yang exe, ukurannya sekitar 100MB. Tampaknya aplikasi ini portable, jadi tidak perlu diinstall. Saat diklik langsung berjalan. Tampilan depannya seperti ini.

Gabung Video Dengan Cepat Tanpa Render Ulang

Tarik video yang akan digabung ke LosslessCut, sebaiknya sudah diurutkan namanya misalnya dengan memberi nomor terlebih dahulu di nama videnya. Akan ada notifikasi, pilih yang “Merge/concatenate files”.

Advertisement

Gabung Video Dengan Cepat Tanpa Render Ulang

Kemudian tekan “Merge”.

Gabung Video Dengan Cepat Tanpa Render Ulang

Tunggu prosesnya hingga selesai. Prosesnya hampir sama seperti copy file biasa. Jadi kalau filenya agak besar maka akan butuh waktu yang lebih lama. Setelah selesai file video gabungan akan berada di satu folder dengan file aslinya. Saat saya coba hasilnya lumayan mulus, tanpa terlihat ada frame yang hilang. Audio juga tidak bermasalah.

Selain bisa untuk merger atau menggabungkan video, software ini juga bisa untuk memotong video tanpa render ulang. Cuma sedikit susah presisinya, kadang hasilnya agak geser sedikit.

Semoga Bermanfaat

Advertisement

Internet

Agar Sources Browser di OBS Bisa Diklik

Published

on

Salah satu “Sources” yang ada di OBS adalah “Browser” dimana pengguna bisa menampilkan halaman web ke dalam OBS, misalnya saja menampilkan video Youtube, website dan lain sebagainya. Namun setelah alamat web dimasukkan dan tampilan muncul di OBS maka tampilan web tersebut tidak dapat diklik. Misalnya saja membuka video Youtube maka kursor tidak bisa dipakai untuk membuat video Youtube tersebut full screen. Berikut ini cara cepat agar sources browser di OBS bisa diklik. (lebih…)

Continue Reading

Video

Agar Suara OBS Terdengar di Speaker

Published

on

OBS (Open Broadcaster Software) adalah aplikasi open-source dan gratis yang digunakan untuk merekam dan melakukan streaming video atau audio secara langsung. OBS memungkinkan pengguna untuk merekam layar komputer, kamera web, serta mengintegrasikan sumber audio dan video lainnya ke dalam satu tampilan. Aplikasi ini sangat berguna bagi para content creator, gamer, atau siapa saja yang ingin berbagi informasi atau konten secara online. Berikut ini ada sedikit tips mengenai cara agar suara OBS terdengar di speaker. (lebih…)

Continue Reading

Video

Cara Cepat Menampilkan Kamera Ponsel Ke OBS

Published

on

Kamera ponsel telah menjadi fitur standar pada hampir semua ponsel modern saat ini. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa kamera ponsel juga dapat digunakan sebagai kamera di OBS Studio. Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk melakukan ini seperti DroidCam, Iriun, Ivcam, dan lainnya. Namun, ada satu opsi yang lebih praktis yaitu menggunakan vdo.ninja. Vdo.ninja adalah website yang memungkinkan kamu untuk memasukkan kamera ponselmu ke dalam OBS dengan mudah dan efisien. Caranya melalui browser dengan menggunakan sistem Peer-to-Peer. Berikut cara cepat menampilkan kamera ponsel ke OBS.

(lebih…)

Continue Reading