Untuk melakukan video meeting selain menggunakan Zoom bisa juga menggunakan Google Meet. Bisa memakai ponsel maupun menggunakan browser di laptop atau komputer. Saat menggunakan desktop terkadang putus-putus dan kuota juga boros. Berikut ini sedikit tips agar Google Meet Desktop lebih lancar dan hemat kuota internet.

Agar Google Meet lebih lancar maka yang perlu diatur adalah setingan resolusi video baik yang diterima maupun dikirim. Setelah sebuah meeting tersambung silakan tekan tombol 3 titik di kanan bawah Google Meet. Kemudian pilih “Setelan”, pencet tab “Video”.

Agar Google Meet Desktop Lebih Lancar dan Hemat Kuota Internet


Pada menu “Resolusi pengiriman (maksimum)” silakan pilih yang 360p. Sedangkan pada menu “Resolusi penerimaan (maksimum)” bisa memilih “Definisi standar (360p)”, “Definisi standar (360p), satu video dalam satu waktu” atau “Hanya audio”.

Jika memilih “Definisi standar (360p)” maka video peserta yang di-on-kan akan tertampil semua. Apabila ingin sebuah video saja yang terlihat pilih “Definisi standar (360p), satu video dalam satu waktu”.  Untuk paling ngirit bisa memilih “Hanya Audio” saja. Seluruh video partisipan akan tertutup dan hanya muncul gambar profile saja.

Dengan menggunakan resolusi maksimal 360p maka Google Meet bisa berjalan dengan baik di koneksi internet yang rendah. Meski hanya 360p namun gambar masih lumayan terlihat dengan baik.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini