Saat Anda mempergunakan Obs Virtual Camera di Zoom maupun aplikasi lain, maka gambar bawaan yang akan muncul adalah logo Obs. Terutama jika tombol “Start Virtual Camera: di aplikasi Obs belum dipencet alias masih mati. Bagaimana cara mengganti gambar bawaan OBS Virtual Camera ?

Berikut ini tampilan gambar Obs virtual camera di Zoom saat tombol “Start Virtual Camera” di Obs belum dipencet.

Mengganti Gambar Bawaan OBS Virtual Camera

Gambar bawaan tersebut bisa diganti dengan gambar sesuai keinginan Anda. Namun untuk mengganti harus secara manual. Caranya tidak terlalu sulit. Silakan buka gambar virtual camera tersebut di C:\Program Files\obs-studio\data\obs-plugins\win-dshow. Akan ada file bernama : placeholder.png. Silakan copy placeholder.png dan paste ditempat lain misalnya di Dokumen. Setelah itu silakan Anda edit placeholder.png dengan gambar sesuai keinginan Anda. Misalnya saja bisa diganti logo sekolah, foto Anda didepan laptop dll. Gambar asli bisa diedit menggunakan Photoshop atau editor gambar lainnya.


Setelah selesai silakan copy placeholder.png yang sudah diedit dan pastekan di tempat semula yaitu: C:\Program Files\obs-studio\data\obs-plugins\win-dshow. Timpali file yang sudah ada. Silakan restart komputer/laptop tersebut. Buka kembali Zoom, maka gambar yang muncul di Camera: “Obs Virtual Camera” adalah gambar yang sudah Anda buat.

Mengganti Gambar Bawaan OBS Virtual Camera

Biasanya Obs virtual camera saya pergunakan di Zoom saat ingin menutup webcam untuk sementara. Saat menggunakan laptop yang agak jadul, Obs tidak saya jalankan dan hanya memakai gambar bawaan saja agar laptop tidak terlalu berat.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini