Bardi Smart Breaker adalah saklar yang bisa terhubung dengan wifi dan dikendalikan dengan ponsel. Dengan saklar pintar ini maka aliran listrik bisa dinyalakan atau dimatikan melalui aplikasi. Dalam penggunaannya bisa untuk lampu, kipas angin, dan sebagainya. Pada saat tulisan ini dibuat, harga Bardi Smart Breaker sekitar Rp. 60rb-an. Berikut ini cara pasang Bardi Smart Breaker.

Cara Pasang Bardi Smart Breaker

Dalam paket pembelian akan mendapatkan buku panduan, sekrup dan sebuah smart breaker. Jadi alat ini tidak bisa langsung dipergunakan, melainkan harus dirangkai terlebih dahulu dengan menambahkan kabel beserta colokan. Di input dipasang kabel colokan ke listrik, sedangkan output dipasang kabel beserta kontra, fitting bohlam dan sebagainya.


Cara Pasang Bardi Smart Breaker

Cara Pasang Bardi Smart Breaker

Tutorialnya bisa dilihat di video dibawah ini. Pada dasarnya setelah merangkai kabel smart breaker, langah selanjutnya adalah menyambungkan ke aplikasi. Aplikasi yang dipergunakan adalah aplikasi Bardi.

Dulu saya pernah menulis mengenai saklar Sonoff. Bentuknya sama persis dengan merk Bardi ini. Saklar Sonoff tersebut saya pergunakan untuk menghidupkan lampu teras secara terjadwal. Bardi Smart Breaker juga bisa untuk menjadwalkan lampu menyala atau mati secara otomatis. Saklar Sonoff masih berjalan lancar dalam usia setahun pemasangan. Bagaimana dengan Bardi Smart Breaker ini? Untuk uji ketahanan belum bisa diketahui hasilnya karena baru mencoba beberapa hari. Selama 3 hari pemasangan, saklar Bardi berjalan lancar.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini