Saat pembelajaran jarak jauh banyak tugas yang harus dikirimkan ke sekolah secara daring. Biasanya tugas difoto kemudian dikirim lewat Whatsapp ke bapak/ibu Guru. Bagaimanakah agar foto tugas sekolah jelas dan tidak miring. Apalagi jika tugas sekolah ditulis dengan pensil, seringkali tulisan tidak kelihatan saat difoto. Cara mengatasinya dengan memakai aplikasi scan dokumen di android.

Ada banyak aplikasi scan dokumen di android, kali ini saya menggunakan Notebloc karena lebih simpel dan hasilnya lumayan bagus. Silakan install dahulu Notebloc lewat Play Store. Untuk memotret dokumen silakan tekan icon foto.

Agar Foto Tugas Sekolah Jelas dan Tidak Miring

Arahkan kamera ke kertas yang akan difoto. Pastikan pencahayaan cukup atau bisa dengan menyalakan flash kamera. Usahakan difoto di tempat yang datar misalnya di meja. Jika kertas bergelombang maka hasilnya akan kurang bagus.

Agar Foto Tugas Sekolah Jelas dan Tidak Miring

Setelah difoto maka Notebloc akan menentukan pinggir kertas tersebut secara otomatis. Jika garis hijau kurang tepat dengan pinggir kertas maka Anda bisa menyesuaikan dengan menggeser ujung-ujungnya (bulatan hijau). Setelah itu klik centang di kanan bawah.

Agar Foto Tugas Sekolah Jelas dan Tidak Miring


Dokumen akan lurus meski tadi saat memotret agak miring. Untuk mensetting warna bisa dengan memilih menu dibagian atas. Terdapat Asli, Foto, Dokumen dan Notebloc. Untuk dokumen hitam putih bisa memilih warna Notebloc agar tulisan menjadi lebih jelas. Jika yang dikirim berupa hasil karya misalnya gambar maka bisa memilih Asli atau Foto. Setelah selesai klik centang di kanan bawah.

Agar Foto Tugas Sekolah Jelas dan Tidak Miring

Untuk share foto tersebut ke Whatsapp, Telegram dll bisa dengan menekan tombol Bagikan di kanan bawah.

Agar Foto Tugas Sekolah Jelas dan Tidak Miring

Anda bisa membagikan dokumen tersebut menjadi PDF ataupun JPG. Jika jumlah dokumen banyak alias halaman lebih dari satu maka bisa dikirim sebagai PDF. Apabila hanya satu halaman maka bisa memilih JPG.

Selain itu dokumen yang sudah diolah di Notebloc bisa disinkronkan ke Google Drive. Setiap ada dokumen baru akan tersimpan di Google Drive. Kelemahan Notebloc yaitu ada iklan namun tidak begitu mengganggu. Bisa dihilangkan dengan mematikan internet saat menggunakan Notebloc atau upgrade ke versi premium seharga 35rb.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini