Jika Anda ingin membuat live streaming multi kamera namun tidak ada kamera video maupun capture card maka bisa memakai tips sederhana berikut ini. Bahan yang dibutuhkan yaitu beberapa buah ponsel yang nanti dijadikan sebagai kamera, wifi dan sebuah laptop. Berikut ini cara live streaming multi kamera dengan Droidcam dan OBS.

Ponsel digunakan sebagai kamera. Jadi bisa memakai 2 atau 3 buah ponsel sesuai kebutuhan. Sebaiknya memakai tripod agar tidak pegel dan gambar tidak goyang-goyang. Pertama-tama silakan instal terlebih dahulu Droidcam Obs melalui Playstore di semua ponsel yang digunakan.

Siapkan hotspot wifi, bisa memakai router atau ponsel. Sebenarnya Droidcam bisa juga memakai kabel usb namun caranya agak ribet karena harus mengaktifkan adb dan install driver adb di laptop yang digunakan. Lebih ringkas memakai wifi.

Beralih ke laptop/komputer, silakan install dahulu OBS jika belum ada software tersebut. Setelah itu install plugin Droidcam OBS melalui dev47apps.com/obs. Scrool ke paling bawah maka ada menu download plugin tersebut.

Jalankan aplikasi Droidcam OBS di ponsel. Pastikan sudah tersambung ke wifi. Akan tertera IP dan Port.

Live Streaming Multi Kamera dengan Droidcam dan OBS

Gunakan jaringan wifi yang sama di laptop/komputer kemudian jalankan OBS. Klik tanda plus di jendela “Source”, pilih “DroidCam OBS”, Klik OK jika ada notifikasi untuk memberi nama.

Live Streaming Multi Kamera dengan Droidcam dan OBS


Setelah itu akan terbuka jendela DroidCam OBS, silakan isi IP dan Port yang tertera di ponsel ke kotak yang tersedia. Anda bisa mengatur resolusi yang diinginkan, sayangnya resolusi 1920×1080 ada watermarknya alias harus bayar. Jadi bisa memakai resolusi dibawahnya misalnya 1280×720. Jika ingin menggunakan audio dari ponsel maka bisa mencentang “Enable Audio” dan “Sync Audio/Video”. Setelah itu jangan lupa tekan tombol “Activate” maka video akan muncul.

Live Streaming Multi Kamera dengan Droidcam dan OBS

 

Untuk kamera kedua dan selanjutnya silakan membuat scene baru dan ulangi langkah diatas. Setelah semua kamera selesai disetting maka bisa untuk live streaming, Zoom maupun ditampilkan di proyektor. Untuk menampilkan hasil OBS ke Zoom atau aplikasi lain maka bisa memakai plugin Virtual Webcam. Untuk menampilkan hasil OBS di TV atau proyektor caranya ada di Menampilkan Obs di Layar Extended TV Ataupun Proyektor.

Agar lebih enak untuk memilih scene/kamera maka bisa dengan mengaktifkan Multi View dari menu “View” – “Multiview Fullscreen”.

Live Streaming Multi Kamera dengan Droidcam dan OBS

Kelemahan Droidcam memakai wifi adalah kadang ada delay. Lebih stabil memakai kabel usb. Namun memang agak repot instalasinya jika memakai usb.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini