Salah satu software gratisan yang bisa dipergunakan sebagai video switcher adalah Obs. Dengan Obs Anda bisa memadukan beberapa webcam ataupun kamera video. Selain dapat digunakan untuk streaming, hasil Obs bisa juga ditampilkan secara langsung ke TV ataupun Proyektor. Berikut ini cara menampilkan Obs di layar extended tv maupun proyektor.

Caranya cukup mudah. Silakan aktifkan terlebih dahulu layar extended di laptop atau komputer Anda. Setelah itu klik kanan di kotak layar preview Obs. Pilih “Fullscreen Projector (Preview)” kemudian pilih layar extended yang digunakan. Biasanya pilihan layar extended adalah dengan angka (2). Scene yang aktif akan tampil fullscreen di tv atau proyektor yang dipergunakan.


Jika memakai “Mode Studio” silakan klik kanan di kotak Program. Pilih “Fullscreen Projector (Program)” kemudian pilih layar extended yang digunakan. 

Kalau ingin menampilkan preview dari seluruh kamera/scene maka bisa dengan Multi View. Silakan klik “View” – “Multi View (fullscreen) – pilih monitor (1) alias yang kita pergunakan.

Scene yang berisi kamera dan sebagainya akan tampil dalam bentuk kotak-kotak kecil. Tinggal pencet saja scene yang diinginkan. Atau bisa juga dengan membuat hotkeys sehingga bisa pindah scene dengan memencet tombol keyboard. Untuk mengaturnya silakan masuk ke File – Settings – Hotkeys.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini