Ada kalanya saat menulis sebuah postingan blog harus melampirkan sebuah dokumen yang tersimpan di Google Drive. Dokumen bisa dilampirkan dalam bentuk link maupun berupa embed. Jika dalam bentuk embed/disematkan maka dokumen akan langsung tertampil tanpa pembaca download terlebih dahulu. Berikut ini embed file google drive ke blog.

Pastikan file yang akan diembed ke blog merupakan file yang sudah diset publik alias bisa dilihat/didownload siapa saja. Cara menjadikan file menjadi publik caranya dengan masuk ke Google Drive, kemudian klik kanan file yang akan di embed kemudian pilih “Dapatkan link yang bisa dibagikan”.

Embed File Google Drive ke Blog

Rubah bagian “Siapa saja yang memiliki link” dari “Dibatasi” menjadi “Siapa saja yang memiliki link”. Maka file sudah menjadi publik, siapa saja yang memiliki link ke file tersebut bisa mendownloadnya.

Embed File Google Drive ke Blog

Setelah itu klik file tersebut hingga muncul previewnya. Di titik tiga kanan atas silakan pilih “Buka di jendela baru”.


Embed File Google Drive ke Blog

Setelah file terbuka di jendela baru silakan klik lagi icon tiga titik di bagian kanan atas. Pilih “Sematkan item ..”

Embed File Google Drive ke Blog

Copy teks iframe yang muncul.

Embed File Google Drive ke Blog

Kemudian paste di postingan blog yang dikehendaki. Silakan paste di editor mode teks/html. Hasilnya seperti berikut ini.

Selain file dokumen seperti pdf, excel, word, powerpoint, bisa juga embed video yang tersimpan di Google Drive. Caranya juga sama seperti diatas.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini