Terkadang saat menggunakan Vmix kita perlu untuk memasukkan audio dari desktop/komputer. Audio tersebut bisa dari aplikasi lain seperti browser, player, dll. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah memakai Stereo Mix. Berikut ini cara memasukkan audio desktop ke vmix dengan Stereo Mix.

Tahap pertama adalah dengan mengaktifkan fitur Stereo Mix. Silakan klik kanan icon speaker di kanan bawah komputer Anda kemudian pilih “Recording Device”. Muncul sebuah jendela, klik kanan pilih “Show Disable Device”. Biasanya fitur Stereo Mix didisable sehingga tidak terlihat.

Setelah muncul Stereo Mix, silakan klik kanan pada Stereo Mix kemudian pilih “Enable”


Kemudian buka Vmix. Pilih “Add Input” – “Audio Input” – pada “Audio Device” pilih “Stereo Mix”. Jangan lupa centang “Mute in Headphone” agar suara tidak dobel/memantul.

Maka semua suara yang ada di dektop akan masuk ke Vmix. Untuk mengatur volume suara dari desktop bisa dengan klik kanan icon speaker, pilih “Open Volume Mixer” kemudian turunkan atau naikkan audio sesuai program yang digunakan. Misalnya jika memainkan Youtube atau Spotify di Chrome maka bisa mengatur volume browser Google Chrome.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini