Salah satu software yang bisa digunakan untuk meremote komputer lain adalah Team Viewer. Anda bisa mengendalikan sebuah komputer lewat komputer/ponsel lain secara online. Namun bagaimana jika ingin meremote sebuah komputer dalam jaringan yang sama dengan TeamViewer secara offline?

Jika konek TeamViewer dengan cara biasa maka yang dipergunakan adalah lewat internet. Jadi harus ada jaringan internet di kedua belah pihak. Jika kedua komputer berada dalam sebuah jaringan yang sama misalnya memakai wifi yang sama maka bisa diremote secara lokal tanpa perlu terkoneksi ke server TeamViewer. Untuk mengaktifkan mode LAN ini caranya sebagai berikut. Silakan buka aplikasi TeamViewer di komputer yang akan diremote. Kemudian klik “Extras” -“Options” – “General” – “Network Settings” – “Incoming LAN Connection”. Silakan pilih “Accept Exclusively”.


Di halaman depan TeamViewer, ID komputer akan berubah menjadi alamat ip komputer tersebut. Masukkan alamat ip tadi di TeamViewer komputer/ponsel yang akan meremote.

Jika menggunakan cara diatas maka TeamViewer bekerja secara offline sehingga tidak bisa diakses diluar jaringan. Apabila ingin tetap bisa diakses dari luar sekalian menggunakan LAN maka bisa memilih “Extras” -“Options” – “General” – “Network Settings” – “Incoming LAN Connection”. Silakan pilih “Accept”.

Semoga Bermanfaat


2 KOMENTAR

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini