Jika mencari alternatif video meeting selain Zoom maka bisa menggunakan Google Meet. Google Meet sebelumnya hanya bisa dipakai oleh pengguna G-Suite namun kini bisa digunakan oleh akun Google biasa. Berikut ini sedikit tips cara menggunakan Google Meet di Ponsel.

Jika Anda mendapatkan link undangan Google Meet ataupun mendapat kode meeting maka untuk menggunakannya harus terinstall terlebih dahulu di ponsel aplikasi Google Meet. Silakan download Google Meet dari playstore kemudian jalankan.

Dilayar utama dibagian bawah terdapat dua menu. Apabila ingin mengikuti sebuah meeting maka bisa memilih “Meeting Code” dan masukkan kode pertemuan tersebut. Admin meeting akan menerima notifikasi untuk menerima atau menolak permintaan gabung Anda. Jika diterima maka akan langsung gabung.

Untuk membuat sebuah meeting silakan pilih “New Meeting” di layar utama. Setelah itu akan ada link meeting yang bisa Anda share ke orang lain.


Untuk presentasi dan sejenisnya bisa mengklik menu kanan atas Google Meet atas dan pilih “Present Screen” maka layar ponsel akan ditampilkan ke pengguna lain. Untuk kembali ke kamera maka bisa menekan tombol close di layar.

Durasi Google Meet versi gratis lebih panjang dari Zoom yaitu selama 60 menit per meeting, namun hingga September 2020 durasinya tidak dibatasi. Yang agak aneh link meeting akan terus ada selama beberapa waktu meski semua pengguna sudah keluar meeting. Terdapat list dimana Anda masih bisa masuk kembali ke meeting sebelumnya. Baru setelah beberapa jam kemudian link baru hilang.

Tidak perlu menginstall aplikasi jika ingin memakai Google Meet di laptop. Tinggal buka Gmail maka di kiri bawah ada icon Google Meet. Selain itu bisa juga memakai alamat meet.google.com. Lebih praktis dan diklaim lebih aman, namun tentu saja harus mempunyai akun Google terlebih dahulu untuk join meeting.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini