Sejak Senin, 13 April 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat acara Belajar dari Rumah yang ditayangkan di TVRI. Program tayangan ini menjadi alternatif pembelajaran di rumah selama wabah Covid-19. Siaran Belajar Dari Rumah TVRI bisa dilihat melalui antena biasa maupun lewat streaming. Durasi tiap pembelajaran rata-rata sekitar 30 menit. Karena ditayangkan di tv maka terbuka kesempatan untuk terlewat. Bagaimana jika telat nonton tayangan Belajar dari Rumah TVRI. Berikut ini cara menonton ulang siaran belajar dari rumah di TVRI.

Untuk menonton ulang bisa memakai ponsel dengan menginstall aplikasi tv streaming. Aplikasi yang bisa dipergunakan antara lain Vidio, Vision Plus ataupun Useetv. Kali ini saya memakai aplikasi Vidio.

Silakan install aplikasi Vidio di ponsel Anda lewat Playstore. Setelah itu jalankan aplikasi. Tidak perlu mendaftar terlebih dahulu, jika ada menu login ditutup saja. Pilih icon Live di bagian bawah kemudian cari TVRI.

Untuk memutar kembali acara yang telah terlewat silakan tekan menu “Jadwal”.


Kemudian pilih acara yang terlewat. Selain acara hari yang sama juga bisa memilih tayangan hari sebelumnya dengan mengklik tanggal di bagian paling atas.

Tayangan yang telah terlewat bisa ditonton seperti halnya menonton video biasa dimana bisa dipause dan maju mundur. Namun tampaknya rekaman baru tersedia sekitar 1-2 jam setelah acara selesai ditayangkan.

Menonton tayangan pendidikan lewat TV sebenarnya bukan hal yang baru. Jaman saya SD dahulu juga pernah disuruh untuk menonton acara tv pendidikan di stasiun tv TPI. Stasiun tv ini satu channel dengan TVRI. Saat pagi tayang acara TPI, menjelang sore siaran TVRI. Tentu saja tidak begitu efektif karena bersifat satu arah dan durasi juga terbatas. Namun bisa jadi alternatif belajar untuk siswa yang mempunyai sarana terbatas untuk kelas online.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini