Saat ini pembayaran di marketplace sangat beragam. Baik pembayaran secara langsung lunas maupun secara kredit alias paylater. Sebenarnya enak mana belanja online cash atau paylater?

Kelemahan pembayaran secara cash alias langsung lunas adalah sebagai berikut. Jika berbelanja secara tunai dalam artian langsung dibayar lunas baik lewat transfer maupun sarana pembayaran lain maka tentu saja kita harus punya uangnya terlebih dahulu. Harus ada dana tersedia untuk membeli produk tersebut. Namun kelebihannya adalah setelah dibayar dan barang sampai di tangan maka transaksi telah selesai dan tidak ada hutang menanti. Hati lebih tentram dan tidak ada beban hutang yang harus dibayar.


Bagaimana dengan paylater? Dengan fitur bayar nanti maka kita tidak perlu mempunyai uang pada saat membeli sebuah barang di toko online. Kita bisa menentukan besaran cicilan pembayaran sesuai kemampuan dompet. Namun tentu saja ada kewajiban yang harus dipenuhi dikemudian hari yaitu membayar hutang beserta bunganya. Karena ada bunga maka harga barang menjadi lebih mahal dibanding dibeli secara cash. Selain itu jika telat bayar cicilan maka akan mendapat denda sesuai ketentuan yang berlaku .

Kalau menurut saya lebih enak bayar langsung lunas karena tidak ada beban membayar dikemudian hari. Susahnya berhutang adalah jika terjadi sesuatu di masa depan saat hutang belum lunas, misalnya saja tiba-tiba kena phk sehingga tidak ada pemasukan, terjadi bencana yang menyebabkan ekonomi terpuruk dsb. Selain itu karena ada bunga maka dikhawatirkan termasuk riba.

Bagaimana jika tidak ada uang namun ingin membeli sesuatu barang? Lebih enak menabung saja. Memang agak susah dan lama namun lebih aman dan nyaman.

Semoga Bermanfaat


2 KOMENTAR

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini