Di masa yang kurang kondusif ini, sekolah, kampus dan kantor banyak yang beralih ke sistem online dalam belajar maupun bekerja. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk pembelajaran online maupun rapat kantor adalah Zoom Meeting. Aplikasi ini tidak terlalu rumit digunakan terutama bagi peserta meeting. Berikut ini cara menggunakan aplikasi Zoom Meeting di ponsel.

Ada dua pengguna di Zoom Meeting ini, yang pertama adalah host alias yang mengadakan meeting misalnya saja bapak/ibu guru atau pimpinan rapat. Sedangkan yang kedua adalah peserta misalnya saja murid. Zoom bisa digunakan di ponsel maupun di desktop. Kali ini saya memakai ponsel karena lebih flexibel memakai ponsel. Pertama-tama kedua belah pihak menginstall Zoom Meeting di ponselnya masing-masing.

Cara Menggunakan Zoom Meeting Untuk Host/Pembuat Meeting

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting di Ponsel

Silakan daftar dahulu dengan menekan “Sign Up”. Jika sudah mempunyai akun Zoom maka bisa login dengan menekan “Sign In”. Setelah itu tekan “New Meeting”. Aktifkan “Use Personal Meeting ID (PMI)”. Nomor yang tertera adalah nomor kode meeting tersebut. Sampaikan nomor kode tersebut ke peserta meeting. Kemudian klik “Start a Meeting”.


Cara Menggunakan Zoom Meeting Untuk Peserta Meeting

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting di Ponsel

Untuk peserta meeting tidak perlu untuk login atau mendaftar terlebih dahulu. Silakan langsung klik “Join a Meeting”. Masukkan kode nomor meeting yang disampaikan oleh host. Masukkan juga nama peserta di kolom yang tersedia. Setelah itu klik “Join Meeting”. Maka akan langsung gabung ke meeting.

Cara Share Dokumen di Zoom Meeting

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting di Ponsel

Untuk menampilkan dokumen atau layar ponsel ke dalam meeting bisa dengan menekan tombol “Share” kemudian pilih foto, dokumen dan sebagainya.

Bagi pembuat meeting memang lebih enak memakai desktop (laptop/pc) daripada memakai ponsel. Sedangkan untuk peserta misalnya kelas online maka bisa memakai ponsel saja. Jika memakai ponsel lebih enak apabila memakai holder atau tripot. Biar tidak pegal memegang ponsel. Untuk Zoom Meeting versi laptop cara penggunaanya juga hampir sama. Untuk akun Zoom versi gratisan alias basic hanya bisa dipakai meeting selama 40 menit saja. Setelah itu harus konek ulang kembali.

Semoga Bermanfaat


2 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum mas, mw tanya nih mas,
    1. saya kan login dengan beberapa akun di aplikasi FB di hp android, disitu tersimpan email dari akun yg pernah login, jadi kl mau ganti akun tinggal klik akun yg mana yg mw login terus tinggal masukin password, pertanyaannya, kenapa email2 itu masih tersimpan walaupun saya ud factory reset hpnya?

    2. tentang rumus excel nih mas, saya bikin rumus perhitungan sederhana =(B61/B58)*B59, gimana caranya supaya B58 dan B59 itu tetap / tidak berubah ketika saya tarik kebawah selnya untuk kopi rumus?

    • Waalaikumsalam, biasanya password tersimpan di akun google yang buat login hape mas. jadinya masih masuk. KAlau excel saya tidak begitu tahu mas, saya sangat jarang pakai excel, biasanya cuma dipakai buat ngitung penjumlahan hehe

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini