Pada sebuah acara yang durasinya cukup panjang misalnya seminar, pagelaran wayang dll maka membutuhkan penyimpanan yang cukup besar pada kamera video yang digunakan. Terutama jika menginginkan hasil gambar yang cukup baik dan direkam full HD(1080p) bukan sekedar HD (720p). Oleh karena itu maka bisa mempergunakan sdcard yang kapasitasnya besar. Namun bagaimana jika hanya ada 2 buah sdcard kapasitas pas-pasan misalnya saja 32GB. Berikut ini cara rekam di dua sdcard secara berkelanjutan pada Sony NX100.

Pada kamera video Sony NX100 dan sejenisnya terdapat 2 buah slot sdcard. Agar slot sdcard berpindah secara otomatis setelah slot pertama penuh maka perlu disetting terlebih dahulu. Caranya silakan masuk ke menu, pilih icon berupa panah kanan kiri – pilih “Rec Set”.

Pilih menu “Simul/Relay Rec”.

Rekam Di Dua Sdcard Secara Berkelanjutan Pada Sony NX100


Kemudian pilih “Relay Rec”. Pada layar utama akan muncul kapasitas tiap-tiap sdcard. Kapasitas akan berkurang satu persatu dan jika sdcard A penuh akan berpindah otomatis ke sdcard B. Jika saat merekam kapasitas dirasa kurang misalnya karena durasi acara bertambah maka sdcard yang sudah terisi dan saat itu tidak dipergunakan dapat dicopy dahulu ke laptop.

Selain itu terdapat juga pilihan “Simultaneous Rec”. Pilihan ini untuk merekam video pada 2 scdard secara bersamaan. Jadi akan merekam di sdcard A dan sdcard B secara bersamaan. Ini bisa digunakan jika ingin ada backup dari sdcard pertama dan durasi acaranya tidak begitu panjang. Saat menggunakan Simultaneous Rec pada layar utama tampilan kapasitas akan berkurang berbarengan.

Untuk acara yang panjang memang lebih enak memakai sistem live memakai Vmix ataupun video mixer. Namun jika biaya mepet maka bisa menggunakan sistem rekam manual dan diedit memakai multi camera Adobe Premiere. Gambarnya lebih bagus edit secara manual kecuali jika memakai capture card/video mixer yang kualitasnya jos. Semuanya kembali ke biaya 😀

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini