Saat sedang mengedit video menggunakan Adobe Premiere tiba-tiba listrik mati. Komputer tidak memakai UPS sehingga langsung ikut mati tanpa bisa menyimpan dan mematikan komputer secara baik dan benar. Jika sedang sial, terkadang file project Adobe Premiere yang sedang diedit menjadi rusak alias eror. Bagaimanakah cara mengatasi file project Adobe Premiere yang Rusak Eror.

Cara pertama adalah mengimport file tersebut ke sebuah project baru. Jika tetap gagal maka cara berikutnya adalah menggunakan file Auto Save yang ada di setiap project Adobe Premiere. Secara default tempat Auto Save Adobe Premiere adalah di folder yang sama dengan file project. Akan ada folder dengan nama “Adobe Premiere Pro Auto-Save”. Silakan buka folder tersebut kemudian buka file project yang paling akhir. Paling gampang dengan mengurutkan file berdasar “Date Modiefied” sehingga terlihat file yang paling baru.

Adobe Premiere menyimpan secara otomatis setiap 15 menit. Sehingga jika lampu mati sebelum 15 manis maka editing yang dilakukan tidak ada backupnya. Agar durasi Auto Save menjadi lebih singkat maka bisa dengan masuk ke menu “Edit” – “Preferences” – “Auto Save”. Ubah di “Automatically Save Every” misalnya saja menjadi 5 menit atau 10 menit.


Mengatasi File Project Adobe Premiere Yang Rusak Eror

Namun jika komputer yang digunakan kurang begitu kuat maka sebaiknya durasinya jangan terlalu pendek. Apalagi jika projectnya sangat berat dan savenya butuh waktu agak lama. Jadi disesuaikan dengan kondisi dan situasi. Kalau pengen aman dan komputer lebih awet maka sebaiknya menambahkan ups. Agar komputer tidak langsung mati saat ada pemadaman listrik.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini