Terakhir kali membeli lampu emergency adalah sekitar tahun 2006. Berhubung sudah menua akhirnya lampu emergency tidak bisa menyala dengan baik. Sebenarnya bisa diperbaiki dengan mengganti akinya. Daripada beli aki akhirnya beli emergency baru saja karena harganya kini relatif murah. Jalan-jalan di toko online kemudian membeli 2 buah lampu emergency.

Lampu yang saya beli yaitu merk Surya seri SQL L2207 dan SQL L1830. Harganya sekitar 30rb. Bentuknya imut namun lumayan terang untuk menerangi kamar saat mati listrik.

Namun untuk seri L2207 ternyata belum disertai dengan charger. Untuk mengisi daya terus bagaimana ya?


Sebenarnya ada 2 colokan untuk mengisi daya yaitu port usb dan bulat. Di atasnya tertulis 6v, 0.25 ampere. Sepertinya agak susah untuk mencari charger yang sesuai. Akhirnya saya charge memakai charger ponsel biasa yaitu 5v 1ampere. Lampu charge bisa menyala dan baterai terisi dengan baik. Namun sayangnya jika baterai penuh lampu tetap menyala, tidak berubah warna atau mati. Di kotaknya disebutkan kalau pengisian penuh adalah selama 6 jam. Jadi kalau sudah 6 jam maka bisa dilepas.

Untuk ketahanan lampu belum diketahui secara langsung. Kalau di kotaknya dikatakan sanggup bertahan 7 jam. Pengen ngetes lama tapi mati lampunya ternyata cuma sebentar 😁 Tidak afdol rasanya pakai lampu emergency tanpa mati listrik.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini