Beberapa kali membeli kabel roll atau gulungan selalu berakhir putus. Beli yang 10 meter sampai 20 meter selalu saja ada yang bermasalah. Terutama saat dipergunakan secara terus menerus alias sering dipakai dan digulung. Saat memerlukan kebel listrik yang panjang maka pilihan yang praktis adalah menggunakan kabel roll. Setelah selesai tinggal gulung. Jika memakai kabel biasa maka harus menggulung secara manual dimana seringkali menyita waktu dan tempat. Agar kabel roll bisa awet dan tidak mudah putus berikut ini sedikit tipsnya.

Agar Kabel Roll Tidak Mudah Putus


Jangan memberi arus terlalu besar pada kabel. Biasanya kabel roll hanya mampu dilewati arus sekitar 1100watt atau sesuai yang tertera di wadah roll. Jika arus terlalu besar maka kabel akan panas, meleleh dan putus. Sangat berbahaya jika terbakar saat kabel dipakai. Bisa konslet semua. Biasanya saya memakai kabel roll untuk colokan charger kamera video dan juga lampu. Saat ini sudah memakai lampu led dengan watt rendah sehingga tidak membebani kabel listrik maupun daya listrik yang digunakan. Kalau jaman dulu sepasang lampu untuk video shooting bisa sampai 2000watt.

Sebaiknya kabel ditaruh di tempat yang tidak diinjak orang. Misalnya saja saat memakai kabel roll di acara pengantin dan sejenisnya kabel ditaruh dibagian pinggir atau dibawah karpet. Kalau sering diinjak maka kemungkinan putus semakin besar.

Jangan terkena air, terutama saat menggunakan kabel di luar ruangan. Tanah yang basah atau berlumpur bisa juga menyebabkan rusak.

Gulung secara berlahan, jangan terlalu kencang dalam menggulung. Kadang kabel roll bentuknya kecil dan lentur sehingga bisa putus saat ditarik dengan kencang. Terutama jika kabel roll sangat panjang dan agak seret saat digulung. Selain itu cabutlah colokan pada kepalanya dan jangan mencabut dengan menarik kabelnya.

Jika eror sebenarnya bisa dites dengan multimeter. Namun jika kabel putus ditengah gulungan maka agak susah mencari lokasi putusnya.

Apabila kabel dipakai secara terus menerus dan kerja keras maka lebih awet dengan merakit kabel sendiri. Namun tentu saja harganya bisa jatuh lebih mahal daripada beli yang sudah jadi.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini