Saat ini dipasaran banyak produk saklar wifi salah satunya adalah Sonoff. Alat ini bisa diupdate secara online agar firmwarenya menjadi lebih baru. Bagaimanakah cara update firmware Sonoff. Sonoff sendiri bentuknya ada beragam, ada yang berupa saklar, fitting, stop kontak dll. Disini saya memakai Sonoff Basic, namun tips ini bisa juga digunakan di perangkat lain asal memakai aplikasi eWeLink.

Silakan buka aplikasi eWelink kemudian pilih device yang digunakan. Jika ada firmware baru biasanya di bagian atas akan ada notifikasi. Kemudian silakan klik tiga titik di kanan atas, pilih “Setting”. Tekan bagian “Firmware” yang mempunyai titik warna merah.

Cara Update Firmware Sonoff

Akan muncul changelog firmware tersebut, silakan tekan “Update Now”.Jika ada notifikasi tekan “OK”.


Cara Update Firmware Sonoff

Tunggu hingga proses update selesai. Device Sonoff akan restart, lampu hijau di device akan mati, kemudian kedip-kedip dan menyala terus sebagai tanda kembali konek ke wifi dan update sukses. Jika update gagal coba matikan mode LAN. Silakan konek ke device menggunakan internet. Selain itu sebaiknya jangan sampai mati listrik saat proses update karena kemungkinan bisa membuat eror.

Apakah update firmware baru menjadikan kinerja Sonoff lebih bagus. Belum tentu juga karena kadang hanya berupa update minor dan tidak ada pengaruhnya. Salah satu kelemahan Sonoff adalah mati listrik saat menggunakan Schedule. Misalkan mati listrik dan hidupnya setelah Schedule terlewat maka tidak otomatis menyala sesuai jam yang telah dijadwalkan. Sehingga harus menyalakan lampu secara manual. Hal ini bisa diatasi dengan setting lampu On saat listrik kembali nyala. Namun jika nyalanya masih siang dan sebelum jadwal maka harus mematikan manual juga.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini