Saat musim hujan datang, salah satu hal yang kerap terjadi adalah mati listrik. Terutama jika terjadi badai yang mengakibatkan pohon tumbang. Saat mati listrik sudah tidak jaman lagi menggunakan lilin maupun petromax. Biasanya menggunakan lampu emergency yang bentuk dan jenisnya beragam di pasaran. Salah satunya adalah lampu led bohlam usb yang bisa dinyalakan dengan daya powerbank. Namun bisakah menyalakan bohlam usb dengan otg ponsel ?


Lampu bohlam usb harganya cukup murah, sekitaran Rp. 5rb saja. Kali ini saya menggunakan lampu led bohlam 10 watt yang harganya sekitar Rp10rb. Selain mempergunakan powerbank maka bisa menggunakan sumber tenaga usb lain. Misalnya saja menggunakan usb laptop. Ada beberapa laptop yang usbnya bisa menyala meski laptop dalam kondisi mati. Jika semua sumber daya sudah habis maka bisa juga mempergunakan ponsel. Daripada menggunakan flash ponsel sebagai penerang lebih baik menggunakan otg untuk menyalakan bohlam usb tersebut.

Caranya gampang saja, yang penting adalah mempunyai kabel otg. Colokkan usb bohlam ke otg kemudian pasang di ponsel, maka lampu bohlam akan menyala. Bisa menyala berapa lama? Itu tergantung dari kapasitas baterai ponsel tersebut. Jika kapasitasnya besar maka bisa menyala lebih lama.

Bohlam usb yang saya pakai ini bermerk Mitsuyama 10Watt. Lumayan terang dipakai dalam gelap, namun perasaan saya tidak seterang bohlam led listrik biasa yang mempunyai daya 10 watt. Tidak tahu perasaan itu benar atau salah 😀

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini