Beberapa waktu lalu saya membeli sebuah kabel rca sepanjang 20 meter. Waktu itu harganya Rp.98rb. Kabel rca tersebut mempunyai 2 buah colokan. Niatan awal untuk mengambil audio dari mixer audio masuk ke recorder ataupun komputer sehingga membeli yang 2 colokan saja. Kabel ini bermerk Kitani yang terkenalnya sebagai merk kabel antena. Berikut ini sedikit ulasan saat mencoba kabel RCA 20 meter untuk audio dan video.

Kabel rca ini bisa berfungsi dengan baik saat dipakai sebagai kabel audio. Tinggal tancap saja ujung kabel di mixer tukang sound. Jika mixer tukang sound tidak mempunyai output rca maka bisa ditambahi converter rca ke jack mic.


Bagaimana jika dipakai untuk video. Saat saya coba sebagai kabel video hasilnya juga lumayan. Gambar masih bisa terlihat dengan baik tanpa ada noise yang sangat mengganggu misalnya gambar bergelombang. Namun karena colokan hanya 2 buah maka tidak bisa untuk audio stereo dari kamera. Hanya bisa ambil 1 channel suara saja. Jika ingin audio 1 channel menjadi 2 channel di Vmix maka bisa mengikuti tips berikut ini Membuat Suara Mono Ke Stereo di Vmix.

Jadi kabel yang saya beli ini hasilnya cukup lumayan terutama dipakai sebagai kabel audio. Yang penting audio selalu dipantau dan jangan sampai terlalu keras maupun pelan. Karena kadang saat awal sudah bagus namun kemudian audionya naik ataupun turun.

Semoga bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini