Agar data di flashdisk tidak rusak maka sebaiknya saat melepas flashdisk baik di komputer maupun ponsel harus di-eject lebih dahulu. Berikut ini cara melepas usb OTG flashdisk dengan aman di ponsel Xiaomi. Tips ini bisa juga dipergunakan di ponsel android lainnya.

Banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan dengan fitur OTG misalnya saja menambah mouse ke ponsel, menggunakan keyboard usb, menyalakan lampu usb, menyalakan kipas, membaca card reader, webcam, printer dsb. Biasanya yang sering dipakai adalah untuk membaca flashdisk maupun hardisk portable. Agar flashdisk tidak eror saat dicabut maka perlu dilepas secara aman terlebih dahulu alias di-eject.

Saat menancapkan usb OTG biasanya akan muncul notifikasi dibagian atas. Untuk melepas flashdisk tersebut silakan tarik status bar ke bawah kemudian pencet “Keluarkan”. Tunggu sesaat hingga muncul notifikasi bahwa aman untuk mencabut.


Cara kedua lewat setelan ponsel. Silakan buka “Setelan” – “Penyimpanan” kemudian scroll ke bawah, di bagian “Drive Usb” silakan tekan “Lepas Penyimpanan USB”. Di MIUI 11 menu penyimpanan ini agak susah ditemukan, agar cepat ditemukan bisa dengan mengetik “Penyimpanan” di bagian pencarian.

Bagaimana jika dicabut langsung tanpa dieject. Jika sedang tidak melakukan proses misalnya copy dsb maka masih relatif aman. Namun tetap lebih baik jika dicabut dengan aman terlebih dahulu, terutama jika dalam flashdisk terdapat file yang penting.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini