Bel pintu yang dipasang di depan rumah mulai macet lagi. Dipencet kadang menyala kadang diam seribu bahasa sehingga tidak tahu kalau ada tamu yang datang. Diutak-atik tidak sembuh-sembuh juga, akhirnya memutuskan membeli bel baru. Kriterianya adalah bel yang harganya terjangkau, bagus, lancar dan awet. Selain itu juga tahan air karena diletakkan di teras yang sering terkena cipratan hujan. Baca-baca di internet akhirnya menemukan bel pintu rumah wireless jarak jauh dan tahan air.

Saya tertarik dengan sebuah bel wireless saat jalan-jalan di beberapa toko online. Bel tersebut diklaim jangkauannya jauh dan juga tahan air. Merk bel pintu yang saya beli adalah Hightech. Baru kali ini saya mendenger merk tersebut 😀 Di deskripsi penjualan ditulis bahwa jangkauan bel bisa sampai 300meter, 52 melodi polyphonic dan tersedia dalam tombol sentuh dan pencet. Saya lebih suka tombol bel yang jenis pencet, karena jenis sentuh kadang bisa menyala sendiri bila terkena percikan air ataupun sentuhan tak terlihat.

Ini dia tampilan belnya, paket penjualan mendapat bel, tombol, sekrup, double tape 3M serta buku petunjuk. Harganya sendiri lebih mahal dibanding bel pintu wireless standar. Bel merk Hightech ini dipasaran dijual sekitar 100rb-an, sedangkan yang standar sekitar 60rb-an.

Bel Pintu Rumah Wireless Jarak Jauh dan Tahan Air

Bagian bel ditancapkan di listrik. Samping kanan bel terdapat tombol untuk mengatur volume dan memilih suara melodi. Karena sudah sreg dan familiar memakai default bawaan yang berbunyi ting-tong maka saya tidak utak atik pengaturannya. Tombol volume sayangnya cuma satu buah saja yaitu untuk menurunkan volume. Untuk menaikkan suara harus diturunkan sampai ke level terbawah baru pindah ke suara terkeras.


Bel Pintu Rumah Wireless Jarak Jauh dan Tahan Air

Untuk menempel tombol bisa memakai sekrup maupun doble tape. Perekat 3M yang disertakan cukup kuat. Saat menempel susah untuk dilepas kembali. Bagian depan bel bisa dilepas dengan ditarik keatas, sebaiknya bagian tersebut di double tape tipis sehingga tidak mudah diambil.

Bel Pintu Rumah Wireless Jarak Jauh dan Tahan Air

Bel masih bisa menyala saat tombol berada dalam jarak 20 meter dengan halangan sebuah tembok. Kemungkinan masih bisa lebih jauh lagi karena diklaim bisa sampai 300m jika tanpa halangan. Cukup lumayan jika rumah cukup luas. Namun jika temboknya berlapis-lapis atau rumah bertingkat kemungkinan akan lebih pendek jarak jangkauannya. Tombol bel bisa ditambah jadi 2 atau lebih. Misalnya dipasang di pintu rumah dan pagar. Tapi tentu saja harus beli tombol tambahannya.

Apakah tahan air? Saat terkena percikan air hujan masih bisa menyala dengan baik. Kemungkinan masih tahan bila terkena guyuran air. Asal jangan direndam dalam gelas berisi es teh ataupun es kelapa muda 😀 Ketahanannya masih belum diketahui. Masih baru sehingga masih jos. Biasanya bel wireless mulai bermasalah jika sudah menginjak 1 tahun keatas, terutama jika ditempatkan di tempat yang sering terkena air hujan maupun dilewati semut. Semut seringkali berteduh dalam bel pintu sehingga membuat bel tidak awet.

Semoga Bermanfaat