Salah satu aplikasi video editor di android adalah FilmoraGo. Saat mengedit video dengan FilmoraGo kadang ingin menghilangkan suara video asli. Suara digantikan dengan musik atau voice over. Berikut ini cara menghilangkan suara video di FilmoraGo.

Masukkan video klip ke timeline. Tekan klip video yang akan dihilangkan audionya.

Menghilangkan Suara Video di FilmoraGo

Kemudian silakan tekan “Audio Mixer”.

Menghilangkan Suara Video di FilmoraGo

Set suara dari video asli (icon paling kiri) ke angka yang rendah atau 0%. Untuk bagian tengah adalah volume musik dan sebelah kanan adalah volume voice over. Jika memakai voice over maka sebaiknya volume musik agak dikecilkan sehingga voice lebih terdengar.


Menghilangkan Suara Video di FilmoraGo

Mengedit video menggunakan ponsel memang cukup menyenangkan. Bisa dilakukan di perjalanan maupun sambil tiduran. Namun saya lebih senang mengedit di komputer karena lebih banyak fitur dibanding menggunakan ponsel. Selain itu karena ponsel saya keluaran lama sehingga rada lemot untuk edit di ponsel 😀

Untuk menghilangkan audio di versi komputer FilmoraGo yaitu Wondershare Filmora caranya tidak begitu sulit. Di video yang akan dihilangkan suaranya silakan klik kanan kemudian pilih “Mute”. Jika ingin menghilangkan sebagian audio maka bisa dengan klik kanan video kemudian pilih “Detach Audio”. Audio akan terpisah dari video dan bisa diedit sesuai keinginan ataupun dihapus.

Menghilangkan Suara Video di Wondershare Filmora

Agar bisa menguasai dan mengetahui celah mengedit video baik di ponsel maupun komputer adalah dengan banyak berlatih. Semakin banyak video yang diedit maka akan semakin paham dengan aplikasi yang dipergunakan dan cepat dalam mengedit video selanjutnya. Yang paling bikin males biasanya adalah saat menata video pertama kali. Terutama jika videonya panjang dan rumit. Namun jika sudah mulai tertata dengan baik maka mulai enak mengeditnya.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini