Ada sebuah jam dinding yang masih baru, namun saat dipergunakan seringkali waktunya tidak sesuai alias lambat. Kalau orang jawa bilang jam rendet. Bagaimanakah cara sederhana memperbaiki jam dinding yang lambat atau telat?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama kali tentu saja dengan mengganti baterainya. Ganti baterai dengan yang masih baru, bukan baterai bekas. Jika jam berisi 2 buah baterai maka sebaiknya keduanya baru, bukan campuran baru dan bekas.

Memperbaiki Jam Dinding Yang Lambat Atau Telat

Apabila setelah beberapa lama jam masih saja terlambat maka bisa menggunakan tips kedua. Caranya dengan mengambil atau memotong bagian detik jam. Kadang jarum jam dicat oleh pembuatnya sehingga mesin berat untuk menjalankan jarum tersebut. Ambil bagian detik sehingga hanya ada jam dan menit saja. Kalau belum lancar maka bisa diganti dengan jarum jam lain yang lebih ringan. Cara mengambilnya dengan menarik jarum tersebut keatas. Bisa juga dengan dipotong sedikit agar lebih ringan.

Jika tetap saja ngadat maka kemungkinan di mesin jam yang bermasalah. Ganti mesin jam dengan yang baru. Atau bisa dikanibal dengan jam dinding lain yang sudah tidak tak terpakai. Harga mesin jam dinding tidak begitu mahal, paling murah sekitar Rp5rban. Kalau tidak ingin repot maka bisa membeli jam dinding baru saja. Beli yang sedikit agak mahal sehingga kualitasnya lebih bagus.

Ngomong-ngomong soal jam atau waktu. Jam yang rusak bisa diperbaiki atau diganti baru. Namun waktu yang berlalu tak akan bisa tergantikan lagi. Jadi jangan pernah menjadi orang yang merugi karena menyia-nyiakan waktu. Gunakan waktu untuk hal yang bermanfaat, beribadah, beramal soleh, berkreasi, berinovasi dsb. Sehingga tidak menyesal dikemudian hari.

Semoga Bermanfaat

2 KOMENTAR

  1. bener banget mas di jarum jam nya bermasalah, sekarang sudah ga telat lagi, terimakasih mas info nya,, saya suka kata banget sama kata2 waktu di akhir kalimat, kerennnnn,,,

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini