Saat merekam menggunakan Vmix terkadang ada hal-hal yang tidak diinginkan misalnya listrik mati/turun ataupun komputer macet. Saat terjadi hal tersebut tentu saja rekaman menjadi hilang sesuai dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyalakan kembali komputer. Agar moment tidak hilang maka bisa dengan backup rekaman di kamera. Kamera video tetap merekam selama menggunakan Vmix. Bagaimana dengan audionya. Untuk backup bisa menggunakan audio recorder. Berikut ini cara rekam audio dari mixer ke recorder sekaligus ke komputer.

Rekam Audio dari Mixer ke Recorder Sekaligus Ke Komputer

Agar audio bisa direkam di recorder misalnya Zoom H4N sekaligus komputer maka bisa memakai tips berikut ini. Silakan hubungkan output audio mixer ke input H4N. Atur agar volume tidak terlalu over. Agar audio dari Zoom H4N bisa masuk ke komputer caranya dengan menghubungkan port earphone di recorder ke port mic/line in di komputer. Untuk menghubungkan memakai kabel audio 3.5mm ke 3.5mm. Kabel ini biasanya dipakai di speaker aktif. Jadi daripada beli bisa memakai kabel tersebut.

Rekam Audio dari Mixer ke Recorder Sekaligus Ke Komputer

Recorder sekaligus menjadi volume control untuk audio yang masuk ke komputer. Jika memakai Zoom H4N bisa mengendalikan audio yang masuk ke komputer dengan Rec Level dan volume earphone. Untuk memantau audio bisa memakai earphone dengan menancapkan di port speaker komputer.

Jadi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan maka masih ada cadangan audio yang tersimpan di recorder.

Semoga Bermanfaat

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini