Untuk bisa melihat cctv menggunakan aplikasi pihak ketiga misalnya vlc, tinycam, onvifer dll maka bisa mempergunakan fitur onvif maupun rtsp. Namun tidak semua ipcam mempunyai fitur tersebut. Pada ipcam Ezviz mendukung fitur rtsp namun tidak bisa onvif. Dalam manual sendiri tidak ada petunjuk bagaimana cara mengakses kamera melalui rtsp. Berikut ini cara setting rtsp ipcam Ezviz terutama Ezviz C1C. Kemungkinan besar bisa dipakai juga di kamera Ezviz lainnya.

Setting RTSP Ipcam Ezviz

Untuk mengakses ipcam melalui rtsp caranya yaitu:


  • rtsp://admin:verification-code@alamat-ip:554/Streaming/Channels/101

Yang harus dirubah adalah bagian berwarna merah. Admin adalah nama username default, jadi tidak usah dirubah. Ganti Verification code dengan kode yang ada di bagian bawah ipcam. Ubah alamat-ip sesuai dengan alamat ip ipcam. Jika tidak tahu maka bisa mempergunakan aplikasi seperti Fing untuk mengetahui alamat ipnya. Sedangkan 101 adalah pilihan untuk main stream (streaming kualitas tinggi), rubah ke 102 untuk sub stream (streaming kualitas rendah). Jadi contohnya seperti berikut ini jika ingin streaming rtsp dengan kualitas rendah:

  • rtsp://admin:ABCDEF@192.168.1.244:554/Streaming/Channels/102

Biasanya saya memakai rtsp/onvif untuk memantau beberapa kamera yang berbeda merk melalui wifi di aplikasi ponsel tinycam/onfiver. Karena jika beda merk maka aplikasi yang dipergunakan juga berbeda.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini