Pernahkah Anda melihat sebuah video yang dibagian tengah atau bawahnya terdapat angka yang terus berjalan? Biasanya angka tersebut berupa durasi berapa lama video sudah berjalan. Nama tampilan waktu tersebut adalah timecode.  Sebenarnya timecode dipakai dalam proses editing atau draft saja dan tidak ditampilkan di hasil akhir. Namun sekarang banyak dipakai sebagai watermark durasi supaya bisa ketahuan jika video tersebut dipotong sembarangan oleh orang lain. Berikut ini cara membuat timecode di Adobe Premiere.

Caranya sebenarnya sangat mudah. Saat akan merender video Anda bisa menambahkan timecode tersebut. Di halaman eksport video silakan klik tab “Effects”.


Membuat Timecode di Adobe Premiere

Kemudian scroll kebawah, centang “Timecode Overlay” maka di preview akan muncul timecode tersebut. Posisi bisa diatur menurut keinginan Anda melalui menu “Position”. Transparasi tulisan juga bisa diatur, defaultnya adalah 40.

Setelah selesai melakukan pengaturan maka bisa dirender seperti biasa. Pada hasil render akan terdapat timecode di posisi sesuai keinginan Anda.  Sebenarnya bisa juga membuat timecode lewat timeline dengan efek Timecode. Namun kalau ingin lebih cepat bisa dengan cara eksport video diatas.

Semoga Bermanfaat


KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini