Jaman dahulu sangatlah tabu memegang ponsel saat ujian. Namun kini teknologi semakin berkembang. Ujian bisa dilakukan melalui ponsel. Untuk membuat soal ujian online juga tidak terlalu susah. Bisa menggunakan fasilitas dari Google yaitu Google Form alias Google Formulir. Berikut ini cara membuat ujian online dengan penilaian otomatis di Google Form.

Hasil Google Form bisa dieksport ke bentuk excel dimana kemudian bisa dinilai secara manual. Namun jika tidak ingin repot maka bisa mempergunakan penilaian otomatis. Yang bisa dinilai secara otomatis adalah pilihan ganda dan juga isian. Namun penilaian soal isian tidak bisa tepat 100 persen karena kalimat peserta bisa berbeda-beda. Jadi lebih akurat di pilihan ganda saja.

Untuk membuat penilaian otomastis silakan buat sebuah formulir di Google Form. Sebelum mengetik soal silakan pencet dahulu icon setting berupa gerigi di kanan atas.

Membuat Ujian Online Dengan Penilaian Otomatis di Google Form

Setelah itu pilih tab “Kuis”. Nyalakan tombol “Jadikan ini sebagai kuis”. Setelah itu tekan “Simpan”.

Membuat Ujian Online Dengan Penilaian Otomatis di Google Form

Setelah itu buatlah soal pilihan ganda seperti biasa. Bedanya dibagian bawah akan ada menu kunci jawaban. Silakan tekan “Kunci Jawaban” untuk memasukkan kunci.

Membuat Ujian Online Dengan Penilaian Otomatis di Google Form

Pilih jawaban yang benar kemudian masukkan skor di bagian atas kanan. Skor bisa diset 1 poin, 10 poin atau sesuai keinginan Anda. Untuk kembali ke pertanyaan klik “Edit Pertanyaan” atau bisa juga pencet icon + di bagian kanan untuk langsung membuat pertanyaan baru.

Membuat Ujian Online Dengan Penilaian Otomatis di Google Form

Setelah peserta mensubmit soal ujian tersebut maka mereka bisa melihat skor secara langsung. Di bagian “Tanggapan” maupun saat dieksport ke Excel juga akan tampil skor peserta.Membuat Ujian Online Dengan Penilaian Otomatis di Google Form

Sayangnya Google Form tidak bisa submit otomatis. Sehingga peserta harus mensubmit manual saat diakhir soal. Tapi cukup lumayan untuk membuat soal ujian secara online dengan penilaian otomatis.

Semoga Bermanfaat

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini