Setiap barang elektronik pasti akan ada masa senjanya alias mulai rusak. Terutama jika dipergunakan terus menerus tanpa henti. Begitu pula dengan lensa kamera dslr. Seringkali setelah sekian lama dipergunakan akan muncul keluhan seperti auto fokus macet ataupun lensa yang berjamur. Bagaimanakah agar fokus tetap tajam meski auto fokus Lensa DSLR rusak.

Tips ini diperuntukkan bagi yang sering menggunakan auto fokus. Bagi yang sering menggunakan manual fokus tentu sudah terlatih bagaimana menempatkan fokus dengan tepat. Meskipun di viewfinder ada titik yang menyatakan fokus sudah pas namun kadang saat dilihat di layar laptop hasilnya seringkali meleset. Agar lebih yakin kalau hasilnya tajam maka bisa memakai trik berikut ini.

Agar Fokus Tetap Tajam Meski Auto Fokus Lensa DSLR Rusak

Caranya cukup mudah saja. Misalnya saja di kamera dslr Canon. Gunakan live-view di layar, setelah itu pencet tombol zoom. Tombol ini biasanya ada di samping kanan atas kamera. Bisa mempergunakan zoom 5x ataupun 10x. Sesuaikan fokus dengan memutar ring fokus. Jika objeknya manusia biasanya fokus ditujukan di bagian wajah. Setelah dihasilkan fokus yang tajam kemudian tekan tombol shutter ataupun video. Namun semua tergantung lensanya juga, jika ternyata lensanya sudah eror parah maka hasilnya kurang memuaskan.

Fokus menggunakan zoom ini berlaku untuk foto atau video yang santai. Jika untuk acara yang adegannya cepat maka keburu berlalu 😀

Semoga Bermanfaat

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini